Saturday, 27 April 2024
HomeBeritaHisteris, Detik-detik Mantan PM Jepang Shinzo Abe Ditembak dan Terjatuh

Histeris, Detik-detik Mantan PM Jepang Shinzo Abe Ditembak dan Terjatuh

Bogordaily.net – Detik-detik mantan PM Shinzo Abe ditembak dan langsung terjatuh memicu teriakan histeris para undangan yang menghadiri pidatonya

Peristiwa tragis itu jadi perbincangan karena terjadi saat berpidato di wilayah Nara pada Jumat 8 Juli 2022.

Kepanikan pun tak dapat terhindarkan saat terdengar letusan senjata api dan Shinzo Abe terjatuh hingga berdarah di bagian dadanya. Hal ini pun mengundang kerumunan di sekitar Abe yang terjatuh di jalan.

“Mantan Perdana Menteri Abe Shinzo pingsan saat berpidato di kota Nara, di barat. Laporan awal mengatakan dia mungkin terluka. Seorang reporter NHK di lokasi mendengar sesuatu yang terdengar seperti tembakan, dan melihat Abe berdarah,” ungkap laporan NHK.

Diketahui saat itu terdengar suara seperti tembakan dan seorang tersangka laki-laki ditahan di tempat kejadian. Pria tersebut diduga berusia sekitar 40 tahunan dengan senjata api, mengutip sumber-sumber polisi.

Dari TKP reporter tersebut mengatakan mereka bisa mendengar dua letusan berturut-turut selama pidato Abe.

Kronologi peristiwa ini terjadi saat Shinzo Abe menyampaikan pidato singkat di sebuah acara menjelang pemilihan majelis tinggi hari Minggu.

Namun tiba-tiba ada suara “seperti tembakan” terdengar, kata penyiar nasional NHK dan kantor berita Kyodo.

“Dia memberikan pidato dan seorang pria datang dari belakang. Tembakan pertama terdengar seperti mainan. Dia tidak jatuh dan ada ledakan besar,” jelas seorang perempuan di tempat kejadian kepada NHK.

“Tembakan kedua lebih terlihat, Anda bisa melihat percikan dan asap. Setelah tembakan kedua, orang-orang mengelilinginya (Shinzo Abe) dan memberinya pijatan jantung,” tambahnya.

Saat ini Shinzo Abe diketahui dalam kondisi tak sadarkan diri setelah insiden berdarah itu dan dikabarkan mengalami pendarahan di leher, kata seorang sumber dari Partai Demokrat Liberal (LDP) yang berkuasa kepada kantor berita Jiji.

Kendati demikian, baik LDP maupun polisi setempat tidak dapat segera mengkonfirmasi laporan tersebut.

Abe memegangi dadanya dan pingsan setelah terdengar suara tiga kali tembakan, menurut koresponden CNA , Michiyo Ishida. Saksi mata bahkan melaporkan melihat genangan darah.

NHK dan Kyodo sama-sama melaporkan Abe dibawa ke rumah sakit dan tampaknya mengalami henti pernapasan – istilah yang digunakan di untuk menunjukkan tidak ada tanda-tanda vital, dan umumnya mendahului sertifikasi resmi kematian oleh koroner.

Abe merupakan perdana menteri terlama di . Ia menjabat pada tahun 2006 selama satu tahun dan lagi dari 2012 hingga 2020, ketika ia terpaksa mengundurkan diri karena kondisi usus yang lemah.***

Sumber: suara.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here