Draupadi Murmu Terpilih Jadi Presiden India

Menu

Mode Gelap
Hasil Piala Asia U-17, Timnas Indonesia Menang Tipis 3-2 Atas UEA Siap-siap Tampung Air, Pipa PDAM Sedang dalam Perbaikan Tidak Ditilang, Polisi Tegur Ratusan Pelanggar pada Hari Kedua Operasi Zebra Lodaya Update Terkini Perbaikan Pipa PDAM, Ini Wilayah yang Terdampak Buntut Tragedi Stadion Kanjuruhan, Kapolres Malang AKBP Ferli Hidayat Dicopot!

Internasional · 22 Jul 2022 14:12 WIB

Draupadi Murmu Terpilih Jadi Presiden India


 Droupadi Murmu baru terpilih sebagai Presiden India.(AP/Manish Swarup/CNN Indonesia/Bogordaily.net)  Perbesar

Droupadi Murmu baru terpilih sebagai Presiden India.(AP/Manish Swarup/CNN Indonesia/Bogordaily.net)

Bogordaily.net– India baru saja menyelenggarakan pemilihan presiden. Hasilnya, Draupadi Murmu resmi menjadi presiden pribumi pertama India dan wanita kedua yang memegang jabatan tersebut menggantikan Ram Nath Kovind.

“Dalam kapasitas saya sebagai Returning Officer, saya menyatakan Droupadi Murmu sebagai Presiden India,” kata Returning Officer PC Mody usai pemilihan dikutip CNN Indonesia dari One India.

Murmu terpilih sebagai Presiden India pada Kamis, 21 Juli 2022 setelah menang dalam pemungutan suara.

Pada proses pemungutan suara, Murmu menang dengan meraih 64% suara mengalahkan pesaingnya Yashwant Sinha yang memperoleh 36% suara.

Murmu mengantongi suara dari total 2.824 pemilih, termasuk 540 anggota parlemen. Sedangkan Sinha mendapat suara dari 1.877 pemilih termasuk 208 anggota parlemen dalam pemilihan.

Murmu mendapat suara maksimal dari Uttar Pradesh, Maharashtra dan Andhra Pradesh di antara negara bagian, sementara penghitungan Sinha adalah yang tertinggi di Benggala Barat dan Tamil Nadu.

Semua Anggota Majelis Legislatif (MLA) dari Andhra Pradesh dan Sikkim memberikan suara mendukung Murmu, sedangkan di Arunachal Pradesh dia mendapat suara dari semua legislator kecuali empat dan semua MLA kecuali satu di Nagaland.  Sinha tidak mendapatkan satu suara pun dari majelis di Andhra Pradesh, Nagaland dan Sikkim.

Murmu juga mendapat suara maksimum dari Anggota Parlemen dan paling sedikit di Kerala di mana dia hanya mendapat satu suara.

Sebelumnya diberitakan Murmu menjadi capres terkuat. Wanita berusia 64 tahun yang berasal dari negara bagian Odisha di bagian timur itu sebelumnya menjabat gubernur negara bagian Jharkhand.

Murmu kini menjadi presiden pertama dari salah satu kelompok adat di India dan presiden perempuan kedua negara itu. Ia sendiri berasal dari etnis minoritas Santal.

Dalam hal populasi, Santal menjadi suku terbesar di negara bagian Jharkhand, India. Mereka juga ditemukan di negara bagian Assam, Tripura, Bihar, Chhattisgarh, Odisha, dan Benggala Barat.

Suku Santal juga dikenal hidup di bawah garis kemiskinan, sehingga mereka menetap di desa secara terpisah dari komunitas lain. Mereka biasanya tinggal di dekat kawasan hutan.

Di sisi lain pesaing utama Murmu, Yashwant Sinha (84) adalah mantan pemberontak BJP – kandidat yang diusung oleh pihak oposisi yang terbelah. Ia merupakan menteri keuangan India pada pemerintahan partai BJP periode 1998-2002 dan keluar dari partai itu menyusul perbedaan pendapat dengan Modi dalam isu ekonomi pada 2018.***

Artikel ini telah dibaca 100 kali

badge-check

Redaktur

 
Baca Lainnya

Ini Sosok Pelaku Penembakan Massal di Thailand

7 Oktober 2022 - 06:27 WIB

Sadis! Penembakan Massal di Penitipan Anak Thailand, 34 Tewas

6 Oktober 2022 - 16:43 WIB

Politikus Ini Minta Prancis Tutup Lebih Banyak Masjid

6 Oktober 2022 - 09:11 WIB

Balas AS-Korsel, Korut Tembakkan Rudal

6 Oktober 2022 - 08:41 WIB

Kepalang Tajir, Suporter Sepak Bola Sewa 60 Kapal Pesiar Jelang Piala Dunia Qatar

5 Oktober 2022 - 18:44 WIB

kapal pesiar piala dunia

Duh! China Diserang Krisis Baru: Generasi ‘Kaum Rebahan’

5 Oktober 2022 - 09:33 WIB

Trending di Internasional