Friday, 26 April 2024
HomeBeritaDraupadi Murmu Terpilih Jadi Presiden India

Draupadi Murmu Terpilih Jadi Presiden India

Bogordaily.net– baru saja menyelenggarakan pemilihan presiden. Hasilnya, resmi menjadi presiden pribumi pertama dan wanita kedua yang memegang jabatan tersebut menggantikan Ram Nath Kovind.

“Dalam kapasitas saya sebagai Returning Officer, saya menyatakan Droupadi Murmu sebagai ,” kata Returning Officer PC Mody usai pemilihan dikutip CNN Indonesia dari One .

Murmu terpilih sebagai pada Kamis, 21 Juli 2022 setelah menang dalam pemungutan suara.

Pada proses pemungutan suara, Murmu menang dengan meraih 64% suara mengalahkan pesaingnya Yashwant Sinha yang memperoleh 36% suara.

Murmu mengantongi suara dari total 2.824 pemilih, termasuk 540 anggota parlemen. Sedangkan Sinha mendapat suara dari 1.877 pemilih termasuk 208 anggota parlemen dalam pemilihan.

Murmu mendapat suara maksimal dari Uttar Pradesh, Maharashtra dan Andhra Pradesh di antara negara bagian, sementara penghitungan Sinha adalah yang tertinggi di Benggala Barat dan Tamil Nadu.

Semua Anggota Majelis Legislatif (MLA) dari Andhra Pradesh dan Sikkim memberikan suara mendukung Murmu, sedangkan di Arunachal Pradesh dia mendapat suara dari semua legislator kecuali empat dan semua MLA kecuali satu di Nagaland.  Sinha tidak mendapatkan satu suara pun dari majelis di Andhra Pradesh, Nagaland dan Sikkim.

Murmu juga mendapat suara maksimum dari Anggota Parlemen dan paling sedikit di Kerala di mana dia hanya mendapat satu suara.

Sebelumnya diberitakan Murmu menjadi capres terkuat. Wanita berusia 64 tahun yang berasal dari negara bagian Odisha di bagian timur itu sebelumnya menjabat gubernur negara bagian Jharkhand.

Murmu kini menjadi presiden pertama dari salah satu kelompok adat di dan presiden perempuan kedua negara itu. Ia sendiri berasal dari etnis minoritas Santal.

Dalam hal populasi, Santal menjadi suku terbesar di negara bagian Jharkhand, . Mereka juga ditemukan di negara bagian Assam, Tripura, Bihar, Chhattisgarh, Odisha, dan Benggala Barat.

Suku Santal juga dikenal hidup di bawah garis kemiskinan, sehingga mereka menetap di desa secara terpisah dari komunitas lain. Mereka biasanya tinggal di dekat kawasan hutan.

Di sisi lain pesaing utama Murmu, Yashwant Sinha (84) adalah mantan pemberontak BJP – kandidat yang diusung oleh pihak oposisi yang terbelah. Ia merupakan menteri keuangan pada pemerintahan partai BJP periode 1998-2002 dan keluar dari partai itu menyusul perbedaan pendapat dengan Modi dalam isu ekonomi pada 2018.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here