Wednesday, 24 April 2024
HomeBeritaHasil Pertemuan Jokowi dan PM Jepang, dari Pinjaman hingga Latihan Militer

Hasil Pertemuan Jokowi dan PM Jepang, dari Pinjaman hingga Latihan Militer

Bogordaily.net–  Presiden Joko Widodo () melanjutkan kunjungannya di luar negeri. Setelah bertemu Presiden China Xi Jinping, hari ini Rabu, 27 Juli 2022 giliran Perdana Menteri Jepang, Fumio Kishida, di Tokyo.Pada pertemuan itu, kedua pemimpin negara membahas sejumlah hal mulai dari kerja sama di bidang ekonomi hingga latihan gabungan militer. Dirangkum dari CNNIndonesia.com berikut hasil pertemuan dan Kishida.

Perkuat Hubungan  

Perdana Menteri Jepang, Fumio Kishida  mengatakan Indonesia merupakan mitra strategis Jepang. Ia pun senang bisa kembali bertemu untuk bertukar pandangan secara terbuka. Pertemuan dengan ini, kata Kishida, merupakan bukti erat hubungan antara kedua negara.

“Kami akan menjadikan kunjungan Presiden Joko Widodo hari ini sebagai momentum untuk mempererat hubungan dengan Indonesia, mengingat kita akan memperingati 65 tahun hubungan diplomatik kedua negara,” ujar Kishida.

Undangan KTT G20

Presiden menyampaikan undangan secara langsung agar PM Kishida bisa menghadiri KTT G20 di Bali yang akan berlangsung pada November mendatang. Selain itu, mengapresiasi dukungan Jepang atas keketuaan G20 Indonesia. juga menyinggung soal kawasan. Untuk Kawasan Indo-Pasifik, pada 2023 Indonesia akan menjadi Ketua ASEAN dan Jepang menjadi Ketua G7.

Jepang Gabung Latihan Militer RI

Perdana Menteri Jepang, Fumio Kishida  menegaskan pasukan pertahanan Jepang juga siap berpartisipasi dalam latihan militer gabungan, Garuda Shield yang dijadwalkan akan berlangsung pada Agustus mendatang. Latihan Garuda Shield juga akan melibatkan pasukan Amerika Serikat dan Australia, demikian dikutip Reuters.

Donasi Kapal Patroli Laut

Perdana Menteri Jepang, Fumio Kishida juga menyatakan siap menyediakan sejumlah kapal patroli untuk memperkuat pasukan pertahanan Indonesia, terutama pertahanan maritimnya. Hal ini dilakukan dikala banyak negara Asia Pasifik dan Asia Tenggara khawatir soal agresivitas China yang mengklaim sebagian besar wilayah Laut China Selatan.

Beri Dana Pinjaman ke RI

Jepang juga siap meminjamkan dana senilai 43,6 miliar yen atau sekitar Rp4,7 triliun kepada Indonesia untuk membangun proyek infrastruktur.

Duka Cita untuk Eks PM Shinzo Abe

Presiden menyampaikan bela sungkawa atas meninggalnya mantan Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe.

“Atas nama masyarakat Indonesia, sekali lagi saya menyampaikan rasa duka cita yang mendalam atas meninggalnya mantan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe,” kata dalam pertemuan tersebut.

Bagi , Abe merupakan pemimpin Jepang yang telah membawa hubungan kedua negara menjadi mitra strategis.

Kerja Sama Perdagangan-Investasi

RI dan Jepang sepakat memperkuat kerja sama di bidang perdagangan dan investasi antara kedua negara. Jokowi pun meminta agar Jepang bisa memberikan dukungan penurunan tarif untuk beberapa produk seperti tuna, pisang dan nanas serta akses pasar untuk produk mangga. Dalam bidang investasi, Jokowi menyambut baik sejumlah investasi baru Jepang di Indonesia. Beberapa proyek strategis yang dipercepat penyelesaiannya antara lain MRT Jakarta North-South Fase II dan East-West Fase I, Kawasan Industri Papua Barat, perluasan Pelabuhan Patimban dan Jalan Tol Akses Patimban.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here