Hati-Hati, Ini Bahaya dari Diet Karbo Bagi Kesehatan Tubuh

Menu

Mode Gelap
Harga Emas Pegadaian Turun, Rabu 28 September 2022 Jangan Telat Perpanjang SIM! Ini Lokasi Simling Kota Bogor, Rabu 28 September 2022 Terkini! Ini Ramalan Kota Bogor Hari Ini, Rabu 28 September 2022 Masih Sama, Berikut Harga Emas Pegadaian Hari Ini Selasa, 27 September 2022 Terbaru! Ini Lokasi Perpanjang SIM di Kota Bogor, Selasa 27 September 2022

Kesehatan · 25 Jul 2022 10:45 WIB

Hati-Hati, Ini Bahaya dari Diet Karbo Bagi Kesehatan Tubuh


 Ilustrasi. (Istimewa/Bogordaily.net) Perbesar

Ilustrasi. (Istimewa/Bogordaily.net)

Bogordaily.net – Ingin terhindar dari diabetes, tidak sedikit orang yang akhirnya beralih ke diet karbo. Diet rendah karbohidrat, satu diantaranya diet Keto, mengharuskan orang mengurangi atau menghindari konsumsi karbohidrat, seperti kentang, pasta, nasi dan roti. Namun ternyata, diet karbo juga bisa bahaya bagi kesehatan tuboh lho.

Mereka yang menjalani diet karbo ini, dengan sengaja tidak mengkonsumsi jenis makanan sumber karbohidrat.

Nasi putih, gandum utuh, roti putih, mie instan, pasta, sereal dan kacang-kacangan, adalah beberapa jenis makanan yang pantang dimakan oleh mereka yang diet karbo.

Pertanyaannya, benarkah diet karbo sesehat yang diklaim orang, atau adakah efek samping yang justru merugikan, mengingat manusia juga membutuhkan karbohidrat?

Berikut beberapa bahaya diet karbo bagi kesehatan tubuh:

1. Kehilangan bobot tubuh dengan cepat

Ketika Anda mengurangi konsumsi karbohidrat, maka tubuh akan kehilangan bobot dengan sangat cepat. Namun bukan lemak akan tetapi air.

2. Kekurangan karbohidrat

Mereka yang mengalami defisiensi karbohidrat umumnya mengalami beberapa kondisi seperti bau mulut, mudah lelah, lemah, pusing-pusing, insomnia, mual-mual dan sulit berkonsentrasi.

3. Lemas

Karbohidrat adalah sumber energi yang wajib diasup oleh tubuh. Ketika tidak memenuhi jumlah yang direkomendasikan, maka diet karbo bisa memicu melambatnya sel-sel dalam tubuh.

4. Moody

Karbo adalah makanan otak yang penting untuk meningkatkan produksi hormon serotonin. Hormin ini bisa membuat orang merasa bahagia. Ketika produksinya menurun, Anda sudah pasti sudah bisa menebak apa efeknya terhadap mood Anda.

5. Flu

Diet rendah karbohidrat tertinggi adalah diet ketogenik atau disebut diet keto. Diet ini dilakukan dengan pengurangan asupan karbohirat secara drastis, yakni hingga 5 hingga 10 persen dari asupan kalori harian dan mendapatkan sebagian besar kalori dari lemak dan beberapa protein. Melansir Live Strong, dalam kekurangan karbohidrat, hati akan mengubah lemak menjadi asam yang disebut keton, yang digunakan tubuh untuk bahan bakar.***

(Riyaldi Suhud)

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Redaktur

 
Baca Lainnya

Murah Meriah! Kenalin Nih Batu Tawas Penghilang Bau Ketiak

28 September 2022 - 19:24 WIB

batu tawas bau ketiak

Nih Kata Pakar soal Kecanduan Seks, Kamu Termasuk?

28 September 2022 - 18:45 WIB

Dear Mahasiswa, Waspada 4 Gangguan Mental yang Rentan Dialami di Semester Akhir

28 September 2022 - 18:37 WIB

Selain Medis, Ini 7 Pilihan Obat Flu Alami

28 September 2022 - 18:16 WIB

Perhatikan Yuk, Ini Waktu Ideal untuk Berhubungan Seks

27 September 2022 - 20:48 WIB

Waktu ideal berhubungan seks

Hempaskan Lemak Perut, Coba 5 Minuman Ini di Pagi Hari

27 September 2022 - 17:28 WIB

Trending di Kesehatan