Thursday, 25 April 2024
HomeBeritaHati-Hati, Ini Bahaya dari Diet Karbo Bagi Kesehatan Tubuh

Hati-Hati, Ini Bahaya dari Diet Karbo Bagi Kesehatan Tubuh

Bogordaily.net – Ingin terhindar dari diabetes, tidak sedikit orang yang akhirnya beralih ke karbo. rendah karbohidrat, satu diantaranya Keto, mengharuskan orang mengurangi atau menghindari konsumsi karbohidrat, seperti kentang, pasta, nasi dan roti. Namun ternyata, karbo juga bisa bagi kesehatan tuboh lho.

Mereka yang menjalani karbo ini, dengan sengaja tidak mengkonsumsi jenis makanan sumber karbohidrat.

Nasi putih, gandum utuh, roti putih, mie instan, pasta, sereal dan kacang-kacangan, adalah beberapa jenis makanan yang pantang dimakan oleh mereka yang karbo.

Pertanyaannya, benarkah karbo sesehat yang diklaim orang, atau adakah efek samping yang justru merugikan, mengingat manusia juga membutuhkan karbohidrat?

Berikut beberapa karbo bagi kesehatan tubuh:

1. Kehilangan bobot tubuh dengan cepat

Ketika Anda mengurangi konsumsi karbohidrat, maka tubuh akan kehilangan bobot dengan sangat cepat. Namun bukan lemak akan tetapi air.

2. Kekurangan karbohidrat

Mereka yang mengalami defisiensi karbohidrat umumnya mengalami beberapa kondisi seperti bau mulut, mudah lelah, lemah, pusing-pusing, insomnia, mual-mual dan sulit berkonsentrasi.

3. Lemas

Karbohidrat adalah sumber energi yang wajib diasup oleh tubuh. Ketika tidak memenuhi jumlah yang direkomendasikan, maka diet karbo bisa memicu melambatnya sel-sel dalam tubuh.

4. Moody

Karbo adalah makanan otak yang penting untuk meningkatkan produksi hormon serotonin. Hormin ini bisa membuat orang merasa bahagia. Ketika produksinya menurun, Anda sudah pasti sudah bisa menebak apa efeknya terhadap mood Anda.

5. Flu

Diet rendah karbohidrat tertinggi adalah diet ketogenik atau disebut diet keto. Diet ini dilakukan dengan pengurangan asupan karbohirat secara drastis, yakni hingga 5 hingga 10 persen dari asupan kalori harian dan mendapatkan sebagian besar kalori dari lemak dan beberapa protein. Melansir Live Strong, dalam kekurangan karbohidrat, hati akan mengubah lemak menjadi asam yang disebut keton, yang digunakan tubuh untuk bahan bakar.***

(Riyaldi Suhud)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here