Saturday, 20 April 2024
HomeNasionalHati-Hati! Kedapatan Melakukan Stut Bisa Dikenakan Denda

Hati-Hati! Kedapatan Melakukan Stut Bisa Dikenakan Denda

Bogordaily.net – Banyak pengendara yang melakukan Stut atau mendorong motor dari belakang dengan menggunakan kaki saat mogok. Namun hati-hati, karena jika kedapatan melakukan Stut bisa dikenakan .

Hal ini bertujuan baik yaitu menolong motor yang mogok, namun tindakan itu disebut melanggar aturan .

Aturan stut dikenakan , tertuang pada perundang-undangan telah diatur tentang tata cara berlalu lintas. Tepatnya pada Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang dan Angkutan Jalan (UU LLAJ).

“Dengan demikian bahwa sepeda motor yang diperuntukkan untuk menarik atau mendorong sepeda motor merupakan pelanggaran yang dapat dikenakan sanksi, sebagaimana diatur dalam Pasal 287 ayat 6, dengan pidana kurungan paling lama 1 bulan atau paling banyak Rp 250.000,” kata Budiyanto, pemerhati masalah transportasi dikutip dari Kompas.com.

Budiyanto juga mengatakan jika sepeda motor yang difungsikan untuk mendorong atau menarik sepeda motor lain itu dapat merintangi atau membahayakan keamanan dan keselamatan diri sendiri atau orang lain.

Sementara itu, pasal 105 UU LLAJ mewajibkan setiap orang yang menggunakan jalan untuk berlaku tertib dan atau mencegah hal-hal yang dapat merintangi, membahayakan keamanan, dan keselamatan .

Pasal 106 ayat 4 UU LLAJ juga menuliskan bahwa setiap orang yang mengemudikan kendaraan bermotor di jalan wajib mematuhi ketentuan, antara lain tata cara penggandengan dan penempelan dengan kendaraan lain.

Lalu pada Pasal 311 ayat 1 UU LLAJ juga disebutkan bahwa setiap orang yang dengan sengaja mengemudikan Kendaraan Bermotor dengan cara atau keadaan yang membahayakan bagi nyawa atau barang dipidana dengan pidana penjara paling lama satu tahun atau paling banyak Rp 3 juta.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here