HUT Bhayangkara ke 76, Arsul Sani : Polisi Harus Lebih Humanis

Menu

Mode Gelap
Ini Lokasi Perpanjang SIM di Kota Bogor, Kamis 11 Agustus 2022 Pekan Depan, LPSK Umumkan Hasil Asesmen Istri Ferdy Sambo Waspada, BMKG Ramalkan Kota Bogor Hujan, Kamis 11 Agustus 2022 Harga Emas Antam dan UBS di Pegadaian, Rabu 10 Agustus 2022 Profil Irjen Ferdy Sambo, Tersangka Kasus Pembunuhan Brigadir J

Nasional · 6 Jul 2022 19:19 WIB

HUT Bhayangkara ke 76, Arsul Sani : Polisi Harus Lebih Humanis


 Anggota Komisi III DPR RI, Arsul Sani Perbesar

Anggota Komisi III DPR RI, Arsul Sani

Bogordaily.net – Anggota Komisi III DPR RI, Arsul Sani mengatakan, Momentum peringati HUT Bhayangkara ke 76, konsep Polri Presisi adalah wujud keseimbangan antara sisi ketegasan dan sisi kemanusiaan Polri. Keseimbangan itu terus ditunjukkan Polri dalam keseharian menghadapi dinamika di masyarakat.

“Harapan, Polri ke depan lebih menunjukkan diri sebagai polisi sipil. (Sebagai) polisi yang meletakkan keseimbangan dalam tugas-tugas penjagaan kamtibmas dan penegakan hukum antara ketegasan dan kemanusiaan, antara pendekatan keamanan nasional dengan penghormatan terhadap HAM,” kata Arsul Sani, Selasa 5 Juli 2022.

“Prinsip-prinsip keseimbangan itu sebenarnya telah diletakkan dalam konsep Polri Presisi,” sambungnya.

Sejauh ini diakuinya, bahwa keseimbangan antara kebutuhan menjaga keamanan dan penegakan hukum dan penghormatan terhadap HAM menunjukkan kemajuan. Ini antara lain diwujudkan dengan dikembangkannya pendekatan keadilan restoratif dalam kasus-kasus hukum.

Arsul menyampaikan, Polri kini lebih humanis dalam mengamankan jalannya kegiatan unjuk rasa.

“Juga pendekatan yang soft dalam mengahadapi unjuk rasa,” katanya.

Di sisi lain, Arsul juga menyebut soal ketegasan pimpinan Polri, dalam hal ini Jenderal Listyo Sigit Prabowo, terhadap para oknum.

Terakhir, dia berharap kerja-kerja Polri yang semakin positif ditingkatkan agar suara publik soal ‘penegakan hukum tajam ke bawah, tumpul ke atas’ semakin berkurang.

“Juga ketegasan pimpinan Polri dalam menindak pelanggaran para anggotanya. Komisi III berharap kedepan hal-hal positif yang telah dicapai Polri bisa ditingkatkan. Terutama di bidang penegakan hukum, agar makin mengecil suara di ruang publik bahwa penegakan hukum kita masih tebang pilih dan tajam ke bawah tapi tumpul ke atas,” ungkapnya. ***

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Redaktur

 
Baca Lainnya

Bos Indofood Bantah Kabar Harga Mie Instan Naik 3 Kali Lipat

11 Agustus 2022 - 16:16 WIB

harga mie instan naik

Polri Akan Segera Umumkan Hasil Autopsi Ulang Brigadir J

11 Agustus 2022 - 15:56 WIB

Siap-Siap! 1,4 Juta Siswi di Jabar Bakal Diberi Tablet Penambah Darah

11 Agustus 2022 - 15:54 WIB

Waspada 5 Bahaya Main HP Menjelang Tidur

11 Agustus 2022 - 10:46 WIB

Main HP

Kantor Pusat Bank Mandiri Kebakaran

11 Agustus 2022 - 08:51 WIB

Doa Anies untuk Agus Harimurti Yudhoyono

11 Agustus 2022 - 07:58 WIB

Agus Harimurti Yudhoyono
Trending di Nasional