Tuesday, 7 May 2024
HomeBeritaKenali Wasir dan Gejala yang Bisa Dialami

Kenali Wasir dan Gejala yang Bisa Dialami

Bogordaily.net dan gejalanya merupakan penyakit yang sangat mengganggu aktifitas Anda. Kondisi ini sering kali membuat orang tidak nyaman ketika duduk, berdiri maupun saat berjalan. dan ambeien merupakan jenis penyakit yang sama namun memiliki nama yang berbeda. Dalam istilah medis, atau ambeien ini disebut dengan hemorrhoids. Dilansir dari Mayo Clinic, hemorrhoids adalah kondisi di mana terjadinya pembengkakan pada pembuluh darah pada anus dan rektum yang mirip dengan varises.

dan gejalanya ini dapat berkembang di bawah kulit di sekitar anus. dapat terjadi seiring dengan bertambahnya usia terlebih pada usia di atas 50 tahun. Dilansir dari WebMD, ada beberapa kondisi yang bisa saja menyebabkan sebagai berikut.

  • Sembelit atau diare
  • Kehamilan dan persalinan
  • Mengangkat barang berat
  • Gejala atau Ambeien

Setiap orang memiliki gejala yang berbeda-beda, namun ada beberapa gejala umum yang mungkin saja terjadi bagi orang yang terkena . dibagi menjadi 3 jenis yakni wasir luar, wasir dalam dan wasir trombosis.

Jika Anda mengalami wasir luar, maka akan mengalami gatal pada anus, terdapat gumpalan daging pada anus, sakit saat duduk, pendarahan pada lubang anus saat buang air besar. Wasir dalam atau wasir internal terletak pada dalam rektum. Anda tidak akan bisa melihat dan merasakan wasir ini namun sering kali membuat tidak nyaman. Wasir dalam ini dapat diketahui apabila terjadi pendarahan tanpa rasa sakit saat buang air besar, merasakan rasa sakit saat mengejan yang diakibatkan iritasi.

Sementara itu ada wasir eksternal ini berbentuk gumpalan atau trombus yang dapat mengakibatkan sakit pada anus, pembengakakn, peradangan dan ada benjolan dekat dengan anus.

Apabila Anda mengalami pendarahan saat buang air besar dan tidak membaik selama satu minggu, Anda disarankan untuk menghubungi dokter. Pasalnya, wasir tidak hanya disebabkan oleh pendarahan pada area anus, wasir juga disebabkan oleh beberapa penyakit lain seperti kanker kolorektal dan kanker pada anus.

Itulah perbedaan wasir dan ambeien yang ternyata sama namun hanya memiliki penyebutan yang berbeda. Semoga informasi di atas dapat menjawab rasa penasaran Anda terhadap perbedaan wasir dan ambien beserta gejala-gejala yang harus diwaspadai. ***

(Riyaldi Suhud)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here