Sunday, 19 May 2024
HomePolitikKIB Bakal Pasangkan Airlangga - Zulhas atau Airlangga - Erick Thohir?

KIB Bakal Pasangkan Airlangga – Zulhas atau Airlangga – Erick Thohir?

Bogordaily.net–  Koalisi Indonesia Bersatu () bersiap memilih calon presiden yang mampu meneruskan warisan atau legacy program-progam dari Presiden Jokowi. Siapa kandidat yang akan dipilih ?

Pengamat politik Ujang Komarudin menilai ada kemungkinan akan memilih satu di antara tiga ketua umum menjadi capres.

terdiri dari Partai Golkar, PAN dan PPP. Sehingga ada kemungkinan bahwa akan memilih antara Airlangga Hartarto, Zulkifli Hasan dan Suharso Monoarfa. Mengapa kemungkinan itu muncul?

Menurut Ujang menjawab sebab ketiganya merupakan menteri yang saat ini menjabat di kabinet Jokowi.

Berdasarkan hal itu, ketiganya yang paling memungkinkan sesuai dengan kriteria yang ingin capres mereka melanjtkan legacy Jokowi. Mengingat sebagai menteri, antara Airlangga, Zulhas dan Suharso tentu sudah paham alur serta ritme kerja dari Jokowi.

“Ya mestinya dari internal sendiri kan di situ ada Pak Airlangga, ada Pak Zulhas dan ada Pak Suharso,” kata Ujang dikutip Suara.com, Jumat, 29 Juli 2022.

Dari ketiga itu, tinggal dipilih siapa yang kemudian memiliki elektabilitas paling tinggi dan partai mana yang memiliki kursi lebih banyak di parlemen.

“Artinya kan Golkar punya kekuatan 85 kursi parlemen dan PAN itu 44 kurai dan PPP itu 19 kurai. Sepertinya bisa Airlangga-Zulhas; Airlangga capresnya, Zulhas cawapresnya,” kata Ujang.

Skenario untuk memasangkan antara ketua umum partai di sebagai capres dan cawapres itu tentu bisa dilakukan. Mengingat Koalisi Indonesia Bersatu dengan gabungan suara tiga partai sudah mampu untuk mengusung sendiri capres dan cawapres mereka.

Sementara itu di luar nama itu, Ujang menilai bisa saja mengusulkan nama lain. Saat ini yang santer terdengar ialah Erick Thohir. Nama Erick muncul di internal PAN sebagai capres.

Elite PAN bahkan mengaku ingin melakukan koordinasi ke Koalisi Indonesia Bersatu perihal kemungkinan nama Erick untuk dipasangkan sebagai capres atau cawapres. Meski demikian, PAN belum memutuskan siapa figur yang ingin mereka usung. Nama Erick masih sebatas aspirasi di internal dan belum final.

“Erick Thohir bisa saja, misalnya Airlangga-Erick Thohir gitu. Airlangga capresnya, Erick Thohir cawapresnya mungkin-mungkin saja karena PAN kan juga mendukung Erick Thohir gitu. Jadi Erick Thohir sebagai cawapresnya Airlangga, Airlangga capresnya itu bisa-bisa saja skenario seperti itu,” katanya lagi.

Sementara itu Koalisi Indonesia Bersatu mulai sering melakukan pertemuan-pertemuan jelang Pilpres 2024. Dari hasil pertemuan-pertemuan itu, tiga partai, yakni Golkar, PAN dan PPP sepakat mulai membicarakan siapa kandidat capres dan cawapres.

Wakil Ketua Umum PPP Arsul Sani mengatakan pembicaraan lebih matang mengeni capres dan cawapres akan dilakukan pasca peringatan hari kemerdekaan atau setelah tanggal 17 Agustus 2022.

“Nanti setelah 17 Agustus kita akan mulai bicara tentang identifikasi sosok yang diinternal KIB diaspirasikan oleh masing-masing parta,” kata Arsul di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis, 28 Juli 2022 lalu.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here