Saturday, 20 April 2024
HomeBeritaLondon Jadi Kota Terpanas di Dunia, Suhunya Mencapai 41 Derajat

London Jadi Kota Terpanas di Dunia, Suhunya Mencapai 41 Derajat

bogordaily.net Inggris kini jadi Kota Terpanas di dunia. Suhunya mencapai 41 Derajat.

Badan Meteorologi mengeluarkan peringatan gelombang panas ekstrem untuk Senin 18 Juli 2022 dan Selasa 19 Juli 2022 untuk sebagian besar Inggris, dari dan kawasan selatan sampai ke York dan Manchester.

Suhu terpanas sebelumya di Inggris mencapai 38,7C di Cambridge pada 2019.

akan menjadi salah satu tempat terpanas di dunia pada Senin ini 18 Juli 2022 dengan suhu lebih panas dari Sahara Barat dan Karibia.

Ibu kota Inggris diperkirakan akan lebih panas dari Dakhla di Sahara Barat (24C), Nassau di Bahama (32C), Kingston di Jamaica (33C), Malaga, Spanyol (28C) dan Athena, Yunani (35C).

Suhu panas akan berlanjut Selasa 19 Juli 2022 dengan pada malam hari diperkirakan pertengahan 20C, sebelum turun pada Rabu 20 Juli 2022.

Inilah untuk pertama kalinya Badan Meteorologi Inggris mengeluarkan “peringatan merah” sejak sistem ini diterapkan tahun lalu.

Peringatan ini berarti suhu udara “akan berdampak luas pada masyarakat dan infrastruktur”.

Sejumlah sekolah direncanakan akan selesai lebih cepat dari yang biasanya selesai pukul 15:30 waktu setempat.

Jaringan kereta meminta warga untuk tetap di rumah dan hanya melakukan perjalanan bila diperlukan untuk Senin dan Selasa ini. Sejumlah jaringan kereta telah mengumumkan pembatalan perjalanan dan kecepatan kereta juga diperlambat.

Inggris pernah mengahadapi gelombang panas pada 1976 namun wartawan urusan BBC Simon King mengatakan suhu untuk Senin dan Selasa pekan ini 10C lebih panas dari yang pernah dialami Inggris sebelumnya.

“Dengan suhu seperti ini, pengaruh pada kesehatan perlu diperhitungkan,” katanya.

Sejalan dengan “peringatan merah” yang dikeluarkan Badan Meteorologi, pemerintah Inggris mengkategorikan kondisi ini sebagai “darurat nasional.”

Sementara itu, jasa Ambulans mengatakan mereka menerima panggilan sekitar 7.000 kali dalam sehari dengan semakin naiknya suhu udara dan jumlah telepon diperkirakan akan naik lagi dari panggilan rata-rata 5.500 kali sehari.

Gelombang panas terjadi ketika suhu rata-rata dunia meningkat lebih dari 1C dari masa pra-industri.

Saat ini di Bumi paling panas dalam 125.000 tahun ini, menurut badan sains iklim PBB, Intergovernmental Panel on Climate Change (IPCC).

Kita tahu apa menyebabkanya – gas rumah kaca karena bahan bakar fosil seperti batubara dan gas. Konsentrasi karbon dioksida (CO2) di atmosfir saat ini berada pada level tertinggi dalam dua juta tahun dan meningkat, kata IPCC. (suara.com)

(Riyaldi Suhud)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here