Thursday, 25 April 2024
HomeOpiniPentingnya Pendidikan untuk Masa Depan

Pentingnya Pendidikan untuk Masa Depan

Bogordaily.net–   Institut Ummul Quro Al-Islami (IUQI) Bogor, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan dengan Program Studi Manajemen Islam, Novilda Rizqiya Qurotul Aini menulis pentingnya untuk masa depan.

“Yang melatar belakangi saya untuk menulis ini adalah betapa banyaknya orang yang tidak terlalu mementingkan karena beberapa faktor. Padahal, sangat banyak manfaat untuk orang yang berpendidikan tersebut karna merupakan salah satu kebutuhan manusia untuk meningkatkan potensi dirinya dan suatu proses seseorang untuk mencapai apa yang ia cita-citakan,” kata yang baru menginjak semester dua di , Minggu 10 Juli 2022.

Ia melanjutkan, menurut Bapak Indonesia yakni Ki Hajar Dewantara, merupakan tuntunan didalam hidup tumbuhnya anak-anak.

Maksudnya adalah menuntun segala kekuatan kodrat yang ada pada anak-anak itu agar mereka sebagai manusia dan sebagai anggota masyarakat dapatlah mencapai keselamatan dan kebahagiaan setinggi-tingginya.

“Menurut saya pribadi pendidikan yaitu suatu proses atau pembelajaran yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan umum ataupun agama yang bertujuan agar seorang peserta didik dapat memiliki pemahaman akan suatu hal sehingga apa yang ia cita-citakan memiliki peluang besar untuk tercapai,” jelasnya.

Sementara itu, kata Novilda Rizqiya Qurotul Aini, pendidikan sangatlah berpengaruh untuk menentukan masa depan seseorang. Oleh karena itu, sebagai generasi penerus bangsa harus mampu menyadari bahwa pendidikan itu sangat penting bagi kelangsungan masa depan.

“Dengan bekal pendidikan yang baik kita akan mendapatkan peluang kerja lebih luas dan masa depan yang lebih cerah, terutama di zaman sekarang pendidikan haruslah menjadi sebuah prioritas untuk memperluas wawasan atau menambah ilmu pengetahuan kita, mebangun karakter yang baik, mengembangkan rasa percaya diri, dan mampu mengetahui suatu hal yang salah dan yang benar,” ucapnya.

Pendidikan memiliki banyak manfaat untuk kehidupan di masa depan diantaranya:

1) Untuk menurangi kemiskinan, maksudnya adalaah dengan Pendidikan itu bisa membantu kita untuk mendapatkan pekerjaan yang lebih layak.

2) Kemampuan berkomunikasi yang baik, seseorang yang berpendidikan pada dasarnya lebih percaya diri dan berani saat berkomunikasi dengan orang lain.

3) Memiliki kesempatan dalam berkontribusi di lingkungan masyarakat, seorang yang berpendidikan juga bisa menjadi pembawa perubahan dan perkembangan pada lingkungan sekitar menuju lebih baik lagi. Daan masih banyak lagi manfaat Pendidikan untuk masa depan.(Ibnu Galansa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here