Tuesday, 30 April 2024
HomeKabupaten BogorPemkab Bogor Berkolaborasi dengan 100 Mahasiswa IPB Untuk Pengecekan Hewan Kurban

Pemkab Bogor Berkolaborasi dengan 100 Mahasiswa IPB Untuk Pengecekan Hewan Kurban

Bogordaily.net – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor berkolabirasi dengan 100 mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB) University, untuk lakukan pengecekan hewan jelang .

Pengecekan yang dilakukan guna memastikan hewan qurban yang dijual dalam kondisi sehat dan baik, terlebih bebas dari wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).

Nantinya 100 mahasiswa tersebut akan disebar untuk seluruh Kecamatan yang ada di Kabupaten Bogor dengan tugas memeriksa kesehatan hewan qurban sekaligus melakukan pengawasan pemotongan hewan qurban.

“Hari ini penjemputan para pemeriksa oleh Camat, secara simbolis, tadi ada beberapa camat yang sudah menjemput. Kita juga hari ini melepas secara simbolis tim gabungan pemeriksa PMK dari mahasiswa dan Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Bogor,” kata Plt Bupati Bogor Iwan Setiawan, pada Jumat 8 Juli 2022.

Iwan mengatakan, pelaksanaan Idul Adha tahun ini mempunyai tantangan sendiri, sebab wabah PMK masi merebak di Kabupaten Bogor. Untuk itu, kolaborasi dan sinergitas antar pihak terkait sangat diperlukan.

Pemkab Bogor juga, kata Iwan, telah membentuk tim pengamanan qurban dan daging , yang terdiri dari 76 petugas medis veteriner.

Dan juga paramedik veteriner dari Dinas Perikanan dan Peternakan (Diskanak) Kabupaten Bogor, serta 100 mahasiswa koasistensi sekolah kedokteran hewan dan biomedis, lalu 14 orang bedah Provinsi Jawa Barat ditambah 10 orang relawan.

“Kehadiran para pemeriksa hewan dari IPB University ini memberikan jawaban dan harapan serta bisa memberikan jaminan kepada masyarakat. Negara hadir memberikan garansi bahwa daging aman dan boleh dikonsumsi,” tutup Iwan.

(Muhammad Irfan Ramadan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here