Thursday, 18 April 2024
HomeBeritaPenerbangan Kloter Jamaah Haji Delay Lagi

Penerbangan Kloter Jamaah Haji Delay Lagi

Bogordaily.net–  Jadwal kepulangan Indonesia kembali mengalami keterlambatan. Kali ini penerbangan pesawat yang membawa Indonesia  kloter 6 Embarkasi Medan (MES 6) mengalami keterlambatan penerbangan hingga 12 jam.  Maskapai Garuda pun harus menanggung akomodasi dan transportasi yang mengalami delay sesuai kesepakatan dengan PPIH.

Sebelumnya, jamaah kloter 1 Embarkasi Banjarmasin (BDJ 1) mengalami delay selama 24 jam. Diperkirakan delay ini juga berdampak pada keberangkatan kloter 7 Embarkasi Medan (MES 7).

“Garuda sudah berkirim surat, menginformasikan adanya keterlambatan keberangkatan MES 6. Karena sudah di Bandara, Garuda memberikan layanan akomodasi dan transportasi di Jeddah selama jemaah menunggu keberangkatan,” kata Direktur Layanan Dalam Negeri Saiful Mujab di Makkah, sebagaimana dilansir Suara.com, Kamis, 28 Juli 2022.

“Sesuai kesepakatan, Garuda harus menanggung akomodasi dan transportasi jemaah sebagai dampak atas delay atau keterlambatan penerbangan,” sambungnya.

Selain MES 6, dalam suratnya, Garuda juga meminta agar keberangkatan MES 7 dari Makkah ditunda terlebih dahulu. Artinya, keberangkatan MES 7 juga terdampak oleh delay yang dialami MES 6.

“Kita juga sudah sepakat, bila jemaah tertahan di Makkah, maka segala bentuk fasilitasinya juga menjadi tanggung jawab Garuda,” jelasnya.

Ia pun menyayangkan terjadinya kembali keterlambatan keberangkatan pesawat Garuda Indonesia yang membawa jemaah . Sebab, ini bukanlah keterlambatan yang pertama. Padahal, menurut Saiful, saat ini baru fase pemulangan jemaah gelombang pertama.

“Saya berharap hal seperti ini tidak terulang kembali. Saya minta Garuda Indonesia untuk melakukan persiapan lebih baik lagi dalam menyambut fase pemulangan jemaah Indonesia gelombang kedua dari Madinah,” tegasnya.

Sementara itu sampai hari ini, Kamis, 28 Juli 2022 sudah 36.398 Indonesia gelombang pertama yang diterbangkan ke Tanah Air, baik dengan Garuda Indonesia maupun Saudia Airlines dari Jeddah. Proses pemulangan ini sudah berlangsung sejak 15 Juli dan akan berakhir pada 30 Juli 2022. Mereka tergabung dalam 91 kloter.

“Ada 114 kloter jemaah gelombang pertama yang mendarat di Madinah pada fase keberangkatan. Artinya, masih ada 23 kloter jemaah lagi yang akan pulang dari Jeddah hingga 30 Juli mendatang,” jelas Saiful.

Untuk Indonesia gelombang kedua yang mendarat di Jeddah pada fase kedatangan, sejak 21 Juli sudah diberangkatkan dari Makkah ke Madinah secara bertahap. Proses ini akan berlangsung hingga 4 Agustus 2022.

“Sebanyak 22.861 jemaah gelombang kedua saat ini sudah berada di Madinah. Mereka tengah menjalani ibadah Arbain, salat wajib berjamaah selama 40 waktu di Masjid Nabawi,” terang Saiful.

“Jemaah gelombang kedua ini akan mulai pulang ke Tanah Air pada 30 Juli 2022 melalui Bandara AMAA Madinah. Kloter terakhir jemaah haji Indonesia akan pulang dari Madinah pada 14 Agustus 2022,” imbuhnya.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here