Wednesday, 15 May 2024
HomePolitikPengamat Ini Sarankan Prabowo Duet dengan Khofifah

Pengamat Ini Sarankan Prabowo Duet dengan Khofifah

Bogordaily.net–   yang digadang-gadang maju dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 hingga kini masih menjadi calon kuat untuk menjadi capres. Banyak kalangan menilai sosok Prabowo butuh pendamping yang layak, salah satunya seperti .

Hal tersebut diungkapkan Analis Politik dari Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto Indaru Setyo Nurprojo. Ia menilai Ketua Umum Partai Gerindra itu akan menjadi kuat jika diduetkan dengan Gubernur Jawa Timur saat ini, . Ia menilai, duet pasangan tersebut menjadi ideal karena merupakan perpaduan sosok nasionalis-religius.

“Duet Prabowo-Khofifah merupakan perpaduan yang pas antara sosok nasionalis dan religius. Khofifah sangat cocok jika berduet dengan bakal calon presiden dari kalangan nasionalis,” kata Indaru dikutip Suara.com dari Antara, Rabu, 6 Juli 2022.

Menurut Indaru, Khofifah layak untuk dicalonkan menjadi calon wakil presiden mendampingi Prabowo karena memiliki modal politik kuat yang tidak dimiliki calon lain.

Kemudian kata dia, Khofifah memiliki basis massa besar dan loyal dari kalangan Nahdlatul Ulama (NU) sehingga bisa membawa keuntungan bagi siapa pun yang berduet dengannya.

“Khofifah tidak hanya merepresentasikan kaum nahdliyin, tapi juga kaum perempuan yang jumlahnya mencapai separuh lebih dari total jumlah pemilih. Jika isu kesetaraan gender digulirkan dan ditarungkan dengan Puan Maharani, saya yakin publik akan lebih memilih Khofifah,” paparnya.

Dalam sisi pengalaman, lanjut dia, Khofifah cukup mumpuni, baik di legislatif dan eksekutif. Seperti saat ini Khofifah menjadi Gubernur Jatim dan sebelumnya beberapa kali masuk dalam jajaran kabinet pemerintahan, seperti menjadi Menteri Pemberdayaan Perempuan di era Presiden RI Abdurrahman Wahid dan Menteri Sosial pada tahun 2014-2018.

Selain itu, Khofifah saat ini juga pemimpin organisasi sayap perempuan NU, Muslimat NU yang memiliki jumlah anggota cukup besar, lebih dari 30 juta.

Tak hanya itu secara personal, Indaru mengungkapkan Khofifah sosok politikus yang sangat luwes dan bisa diterima semua kalangan.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here