Saturday, 27 April 2024
HomeKabupaten BogorJelang Pilkades Desa Babakan, Abidin Said: Himbau Warga Jangan Larut Dalam Magnet...

Jelang Pilkades Desa Babakan, Abidin Said: Himbau Warga Jangan Larut Dalam Magnet Money Politik

Bogordaily.net – Tokoh Masyarakat yang juga Pemerhati Sosial Kemasyarakatan. H. Abidin Said mengatakan, Pergantian Antar Waktu (PAW) Desa Babakan, Kecamatan Dramaga, Kabupaten Bogor mengatakan, harus menjadi momentum terhadap transparansi dan akuntabilitas good governance pemerintah desa.

Hal ini, kata dia, bisa terpenuhi kalau didukung tiga parameter yaitu, pemerintahan yang baik good government dan didukung oleh masyarakat yang baik good sipil Society dan tingkat ekonomi rumah tangga juga baik.

Calon kepala desa Babakan, sambungnya, harus luruskan niat bahwa ketika pada saat terpilih menjadi kepala desa semata-mata ingin membangun.

Menurutnya, di Desa Babakan pergerakan masyarakatnya sangat tinggi, tidak saja masyarakat setempat yang dominan, juga ada masyarakat tingkat kebudayaan tinggi, di antaranya mahasiswa dan para dosen. Oleh karena itu kepala desa harus mampu mengajak bicara dengan IPB terutama mahasiswa.

“Kepala desa yang terpilih nanti dia harus bisa menggerakkan dan menyertakan masyarakat untuk mengantarkan kepada tiga hal tersebut,” kata Abidin Said yang juga juga merupakan korwil Ikatan Cendikiawan Muslim Indonesia. ( ICMI) Ketua BPD Desa Babakan periode 2004/2009 dan 2009/2014.

Dia menambahkan, tidak lupa juga menata pemerintahan desa internal utama keterbukaan dan akuntabilitas. Selalu mengajak masyarakat dalam memusyawarahkan sesuatu.

“Namun ketika pada saat kompetitif dalam pemeliharaan itu hindari hal-hal yang konfrontasi, semua dimusyawarahkan karena pada hakekatnya harus menerima, tidak ada kalah menang, tapi kemudian satu kesatuan berarti dari money politik. Hindari vested interest,” katanya.

Semua pemilih jangan digoda oleh hal-hal yang berlebihan terutama menyangkut dengan money politik.

“Lebih baik memang tiga calon yang sudah terjaring membuat fakta integritas terutama komitmen untuk membangun desa,” katanya.

Dia mengingatk, kondisi aspek hukum di Kabupaten Bogor tidak kondusif oleh itu pemerintah Desa harus waspada.

“Selamat berkompetisi kepada ketiga calon, Ahmad Yani, Abas Septiani dan Akbar Arof. Semoga sukses dan amanah dalam menjalankan tugas kelak,” pungkasnya.

(Gibran)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here