Friday, 3 May 2024
HomeKabupaten BogorPresiden Jokowi Soroti Pelecehan Seksual di Lembaga Pendidikan

Presiden Jokowi Soroti Pelecehan Seksual di Lembaga Pendidikan

Bogordaily.net Presiden Jokowi menyoroti fenomena maraknya pelecehan seksual di lembaga pendidikan, seiring dengan hebohnya penangkapan DPO kasus pelecehan seksual di Pondok Pesantren Shiddiqiyyah, Jombang, Jawa Timur.

Presiden menyampaikan agar lembaga pendidikan terus melakukan pembinaan agar kejadian serupa tidak terulang.

Pesan dari Presiden itu disampaikan oleh Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) sekaligus Menteri Agama Ad Interim Muhadjir Effendy usai menghadap presiden di Istana.

Menurutnya, presiden memberi arahan supaya diadakan mitigasi di lembaga-lembaga pendidikan.

“Ya tadi beliau memberikan arahan supaya terus diadakan pembinaan di lembaga-lembaga pendidikan, termasuk sekarang yang sudah terjadi itu. Harus ada semacam mitigasi atau trauma healing untuk para santrinya,” kata Muhadjir seperti dikutip dari suaracom.

Menko PMK menghadap Presiden pada Selasa 12 Juli 2022, untuk melaporkan tugas-tugasnya selama sebagai Menko PMK sekaligus Menteri Sosial dan Menteri Agama Ad Interim.

Presiden meminta agar ada perhatian kepada lembaga-lembaga pendidikan, termasuk di dalamnya lembaga pesantren, agar kasus pelecehan seksual tidak terjadi lagi.

Muhadjir juga turut mengungkapkan keputusannya membatalkan pencabutan izin operasional Pondok Pesantren Shiddiqiyyah di Jombang atas arahan Presiden.

Dia menyampaikan kasus pelecehan di Ponpes Shiddiqiyyah dilakukan oknum secara individual dan tidak melibatkan lembaga, sehingga harus dipisahkan antara lembaga dengan pelaku.

“Dan kemudian, pelakunya kan sudah ditangkap. Termasuk juga orang-orang atau mereka-mereka yang kemarin menghalangi petugas kan sudah ditindak. Terus apa lagi yang mau kita jadikan alasan untuk kemudian lembaga itu tidak dipulihkan,” jelasnya.

Menurut Muhadjir, pemerintah dan seluruh pihak terkait saat ini justru bertanggung jawab memulihkan lembaga pendidikan yang bersangkutan. ***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here