Tuesday, 23 April 2024
HomeKulinerSambut Idul Adha, Berikut 6 Olahan Makanan dari Daging Kurban

Sambut Idul Adha, Berikut 6 Olahan Makanan dari Daging Kurban

Bogordaily.net – Saat hari raya Iduladha, banyak menu masakan khas yang dibuat dari bahan daging. Hal ini tidak mengherankan karena saat Idul Adha banyak orang yang menyembelih hewan kurban. Berikut 6 makanan dari yang bisa kalian coba.

Stok di kulkas setelah Idul Adha pasti akan berlimpah dan tidak akan habis dalam satu hari, sehingga tidak jarang banyak orang ingin supaya nya diolah atau dimasak menjadi beberapa macam jenis masakan agar awet dan tidak bosan.

Tak usah bingung, coba bikin hidangan praktis dan aneka yang tetap enak dan menggoda. Mulai tumis daging sapi hingga sate bisa jadi hidangan spesial.

Berikut ini adalah beragam menu makanan dari :

1. Tongseng

Tongseng adalah salah satu masakan yang cukup populer di Indonesia. Masakan ini terkenal dengan ciri khas kuahnya yang kental dan lezat. Tongseng biasanya dimasak dengan menggunakan berbagai olahan daging. Kebanyakan terbuat dari kambing, namun memanfaatkan daging sapi juga bisa lho.

Tongseng ini juga enak saat dipadukan dengan irisan ketupat. Nikmat dan bikin kenyang dalam waktu bersamaan. Buat kamu yang suka pedas, bisa ditambahkan banyak lada dan cabai. Tapi buat kamu yang tak terlalu suka pedas bisa dikondisikan sesuai selera masing-masing.

2. Rendang

Selain menjadi masakan primadona saat Iduladha, daging rendang sudah terkenal kelezatannya. Masakan dari ranah Minang, Sumatera Barat ini bahkan dinobatkan sebagai makanan paling enak di dunia. Biasanya rendang menggunakan daging sapi atau kambing. Ketika memasak rendang menggunakan daging kambing, pastikan mengolahnya dengan benar agar tidak meninggalkan rasa amis.

3. Sate

Makanan satu ini sangat mudah dijumpai di sepanjang jalan. Bahkan masyarakat sering mengolah untuk dijadikan sate. Meski sate cara memasaknya sederhana, tapi rasanya yang nikmat bikin ketagihan.

Umumnya sate menggunakan bumbu kacang dan kecap manis untuk sausnya. Walaupun mengolah daging untuk dijadikan sate terbilang mudah, pastikan membakarnya hingga matang. Daging yang kurang matang berisiko membawa penyakit Toxoplasmosis.

4. Bakso

Selain sate, bakso juga dapat dengan mudah dijumpai di sepanjang jalan. Bakso dapat dijadikan opsi untuk mengolah karena variasinya yang banyak dan dapat disesuaikan selera. Selain itu mengolah bakso juga tidak terlalu sulit.

Kuahnya yang segar dan gurih menjadi alasan kenapa bakso dapat menjadi pilihan untuk mengolah . Terlebih jika disajikan selagi hangat, terutama dicampur mie atau bihun, taoge, tahu, siomay dan lain-lain.

5. Sop Buntut

Selain bakso, hidangan berkuah lain yang dapat diolah saat Iduladha adalah sop buntut. Makanan ini biasanya menggunakan daging buntut sapi dengan rasa segar dan gurih menggiurkan dan nikmat.

Selain itu makanan ini lebih sehat karena dilengkapi berbagai macam sayuran dan rempah-rempah. Daging empuk dalam kuah kaldu sapi bening bersama irisan kentang, wortel, tomat, daun bawang, seledri, dan taburan bawang goreng.

6. Tengkleng

Makanan khas Solo ini bisa jadi variasi olahan yang nikmat disantap. Mirip seperti gulai kambing, namun kuah tengkleng lebih encer. Tengkleng merupakan masakan perpaduan antara tulang, daging, dan jeroan dengan bumbu khusus. Aroma rempahnya sangat kuat dan membuat selera makan jadi meningkat. Tengkleng biasanya di sajikan selagi hangat bersama nasi atau sate.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here