Friday, 19 April 2024
HomeBeritaSelain Bikin Segar, Ini 5 Manfaat Mandi Air Dingin untuk Kesehatan

Selain Bikin Segar, Ini 5 Manfaat Mandi Air Dingin untuk Kesehatan

Bogordaily.net–  Mandi air dingin tak hanya memberi kesegaran untuk tubuh tetapi juga bermanfaat untuk . Walaupun air hangat dapat memberikan rasa nyaman dibandingkan mandi dengan air dingin, tetapi mandi menggunakan air dingin baik untuk . Dirangkum Your Say Suara.com, berikut mandi air dingin bagi :

Meredakan gejala depresi

Melansir laman Alodokter, yang bisa didapatkan dengan mandi menggunakan air dingin yaitu bisa membantu untuk meredakan gejala depresi. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mandi menggunakan air dingin selama 5 menit setiap 2 hingga 3 kali dalam seminggu, dipercaya bisa meringankan gejala depresi ataupun stres. Ketika mandi dengan air dingin, maka tubuh akan memicu pelepasan sebuah hormon endorfin yang bisa membuat kamu menjadi lebih bahagia.

Menghaluskan rambut dan kulit

Melansir laman Hellosehat, lain yang didapatkan dengan mandi menggunakan air dingin yaitu bisa membantu untuk menghaluskan rambut dan juga kulit. Sebab mandi air dingin merupakan salah satu cara alami guna menjaga rambut dan juga kulit. Air panas  memiliki sifat melucuti minyak alami dan juga mengeringkan kulit. Air dingin justru dapat mengencangkan kutikula rambut dan juga kulit melalui pengerutan pembuluh darah sementara selagi tubuh bereaksi terhadap perubahan suhu.

Kutikula dan juga pori pada kulit yang mengencang dapat mencegah kotoran dan juga elemen berbahaya lainnya menyumbat pori-pori kulit serta kulit kepala. Mandi menggunakan air dingin juga bisa membuat rambut nampak lebih bersinar, kuat, dan juga sehat dengan meratakan folikel rambut, dan juga meningkatkan kemampuannya dalam menggenggam kulit kepala.

Mendukung sistem kekebalan

Dilansir dari laman YesDok, selanjutnya yang bisa didapatkan dengan mandi menggunakan air dingin yaitu mendukung sistem kekebalan tubuh. Karena sistem kekebalan kamu juga bisa mendapatkan sebuah dorongan dari mandi menggunakan air dingin. Penelitian telah menunjukkan bahwa mandi menggunakan air dingin dapat membantu untuk meningkatkan jumlah sel darah putih yang terdapat pada aliran darah, sehingga dapat membantu untuk merangsang sebuah respons kekebalan yang lebih kuat dan juga lebih baik.

Mengatasi lelah

Dilansir dari laman DokterSehat, lainnya yang bisa didapatkan dengan mandi menggunakan air dingin yaitu bisa mengatasi kelelahan. Jika pernah mengalami kelelahan setelah menjalankan aktivitas seharian yang begitu padat cobalah mandi menggunakan air dingin. Sebab dipercaya bisa membantu mengatasi rasa lelah yang dialami. Air yang dingin bisa membantu utnuk meredakan nyeri dan juga inflamasi pada otot.

Mengatasi sulit bangun tidur

Dilansir dari laman Alodokter, mandi menggunakan air dingin yaitu mengatasi sulit bangun tidur. Ketika terkena suhu yang dingin, maka tubuh pun akan bereaksi dengan meningkatkan denyut jantung dan juga asupan oksigen ke dalam tubuh. Hal ini dapat membuat tubuh langsung sigap untuk terjaga.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here