Tuesday, 23 April 2024
HomeBeritaSelangkah Lagi! Kemenkes Beri Lampu Hijau Regulasi Ganja untuk Medis

Selangkah Lagi! Kemenkes Beri Lampu Hijau Regulasi Ganja untuk Medis

Bogordaily.net – Ramai diperbincangkan, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) memberikan lampu hijau perihal penggunaan tumbuhan sebagai pengobatan untuk .

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dikabarkan tengah mengatur regulasi terkait riset tanaman tersebut.

“Sama seperti tumbuh-tumbuhan yang lain. Kalau selama itu dipakai untuk kebutuhan , itu kita izinkan. Tapi, bukan untuk dikonsumsi, melainkan dipakai untuk penelitian,” kata Menkes Budi saat ditemui di Hotel Westin, Jakarta Selatan, Minggu, 3 Juli 2022, dikutip dari Detik Health.

“Dan sebentar lagi akan keluar (regulasi-red),” lanjutnya.

Sebelum mengatur hingga mengeluarkan regulasi tersebut, Menkes Budi juga tengah mengkaji penggunaan tanaman untuk kesehatan itu. Beberapa diantaranya dengan dokter serta farmakologi.

“(Koordinasi dengan dokter dan farmakologi) akan dilakukan,” pungkasnya.

Selain penyiapan dari sisi regulasi penggunaan, pemerintah juga tengah menggodok dari sisi fatwanya. Wakil Presiden Ma'ruf Amin meminta Majelis Ulama Indonesia (MUI) membuat fatwa tentang wacana penggunaan untuk kebutuhan .

Sebelumnya, Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin agar Majelis Ulama Indonesia (MUI) membuat fatwa terkait untuk .

“Masalah ( untuk) kesehatan itu, saya kira MUI harus segera buat fatwanya, fatwa baru,” kata Ma'ruf.

Menanggapi hal itu, MUI akan menindaklanjuti wacana untuk medis dengan pengkajian komperehensif dalam perspektif keagamaan

“Akan ditindaklanjuti dengan pengkajian komprehensif dalam perspektif keagamaan. Kita akan kaji, yang intinya MUI akan berkontribusi dalam memberikan solusi keagamaan atas dasar pertimbangan kemaslahatan umum secara holistik,” kata Asrorun dalam keterangan resminya, Kamis, 30 Juni 2022.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here