Friday, 26 April 2024
HomeBeritaTumit Pecah-Pecah, Ini Cara Mengatasinya

Tumit Pecah-Pecah, Ini Cara Mengatasinya

Bogordaily.net– pecah-pecah kerap dialami siapa saja. Kondisi ini bisa membuat tidak nyaman hingga dapat mengurangi penampilan kaki. pecah-pecah atau yang dikenal sebagai fisura ini menjadi masalah umum pada kaki baik orang dewasa dan anak-anak. Bagi kebanyakan orang, pecah-pecah ini bukan menjadi sebuah masalah yang serius, namun dalam beberapa kasus pecah-pecah ini dapat menyebabkan rasa sakit saat berdiri dan berjalan. Lalu bagaimana cara mengatasi pecah-pecah?

Dilansir Suara.com dari Prevention, ada beberapa penyebab utama pecah-pecah seperti berdiri terlalu lama di lantai yang keras, mengenakan sandal dengan punggung terbuka, kapalan, obesitas, psoriasis, dan eksim. Ada beberapa cara mengatasi pecah-pecah yang bisa dilakukan sendiri di rumah agar kaki kembali terasa nyaman, tidak sakit bahkan menyebabkan pendarahan. Berikut cara mengatasi pecah-pecah?

Merendam kaki secara rutin

Cara mengatasi pecah-pecah yang pertama adalah dengan merendam kaki secara rutin. Anda dapat merendam kaki secara rutin setiap satu minggu sekali. Selain itu tambahkan perasan lemon untuk membantu menyingkirkan sel-sel kulit kering. Rendam selama 10 menit dan gosok kaki dengan lembut.

Menggosok kaki dengan batu apung

Gunakan batu apung untuk mengatasi pecah-pecah. Caranya dengan menggosok pada area tumit yang pecah-pecah dan lakukan secara rutin untuk menghaluskan kulit yang kasar akibat kapalan. Namun, bagi penderita diabetes dan neuropati dilarang untuk menggunakan batu apung karena dapat menyebabkan infeksi. Sebaiknya hubungi dokter untuk perawatan lebih lanjut.

Minyak kelapa

Minyak kelapa disarankan untuk digunakan untuk kondisi kulit kering, eksim dan psoriasis. Minyak kelapa juga efektif digunakan untuk tumit pecah-pecah. Caranya adalah dengan menggunakan minyak kelapa setelah merendam kaki. Gunakan pelembap pada siang dan malam hari. Setelah mengoleskan pelembap, kenakan kaus kaki yang nyaman agar pelembap dapat terserap dengan baik.

Menggunakan kaus kaki katun saat tidur

Mengenakan kaus kaki katun dapat membantu tumit kaki tidak pecah-pecah. Kaus kaki juga dapat menjaga kelembapan kaki hingga mencegah sprei ternoda.***

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here