Sunday, 5 May 2024
HomeBeritaWaspada, Jenis Makanan Ini Dapat Melemahkan Sistem Imun

Waspada, Jenis Makanan Ini Dapat Melemahkan Sistem Imun

Bogordaily.net–  Sistem imun berguna untuk melindungi tubuh dari berbagai penyakit dan di sisi lain berperan penting agar tetap kuat. Tentunya ini harus memiliki banyak nutrisi untuk membangun imun yang baik. Namun, ada beberapa yang dapat melemahkan sistem imun yang harus dihindari. Dirangkum Your Say Suara.com dari Halodoc, berikut ini yang dapat melemahkan sistem imun:

banyak mengandung gula

tinggi gula dapat mengganggu kemampuan tubuh untuk melawan penyakit sehingga sistem imun melemah. Jenis ini dapat mengurangi efektivitas sel darah putih serta meningkatkan peradangan. Contoh banyak mengandung gula adalah kue, camilan, serta minuman manis atau berkarbonasi.

banyak mengandung garam

asin atau tinggi garam dapat mengganggu sistem imun tubuh. Garam yang terlalu banyak dalam dapat menyebabkan peradangan jaringan dan meningkatkan risiko penyakit autoimun. Selain itu, garam dapat menghambat fungsi kekebalan tubuh, menekan respons anti-inflamasi, dan mengubah mikrobiota usus. Contohnya ada makanan seperti kentang goreng, makanan beku, dan makanan cepat saji.

Makanan yang digoreng

Makanan yang satu ini memang terasa nikmat tapi ternyata dapat melemahkan imun tubuh jika dikonsumsi berlebihan. Makanan yang digoreng dapat menyebabkan peradangan dan kerusakan  sel somatik. Contohnya adalah kentang goreng, keripik kentang, ayam goreng, dan ikan goreng.

Daging olahan dan dibakar

Tak jauh berbeda dengan yang digoreng, daging olahan dan daging bakar juga dapat melemahkan sistem imun tubuh. Hal ini karena daging olahan memiliki kandungan lemak jenuh yang tinggi yang dapat menyebabkan disfungsi sistem kekebalan tubuh. Contoh makanan ini seperti bacon goreng, hotdog panggang, dan paha ayam dengan kulit.  Selain itu, makanan daging olahan dan daging bakar dapat menyebabkan berbagai penyakit, termasuk kanker usus besar.

Makanan cepat saji

Makanan cepat saji sangat tidak baik untuk kesehatan dan konsumsi berlebihan dapat merusak sistem imun tubuh. Makanan ini dapat menyebabkan peradangan, meningkatkan permeabilitas usus, dan mengganggu keseimbangan bakteri di usus. Mengonsumsi makanan dengan cukup dan tidak berlebihan adalah cara yang baik untuk menjaga fungsi kekebalan tubuh.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here