Friday, 29 March 2024
HomeBeritaWaspada, Perubahan Tubuh Ini Bisa Jadi Tanda Masalah Kesehatan

Waspada, Perubahan Tubuh Ini Bisa Jadi Tanda Masalah Kesehatan

Bogordaily.net–  Perubahan tubuh bisa menjadi tanda-tanda masalah atau kekurangan gizi. Namun, setiap perubahan tubuh ini sering dianggap sepele dan bukan sesuatu serius yang butuh perhatian medis. Berikut ini dilansir Suara.com dari Bright Side, beberapa perubahan tubuh yang bisa menandakan masalah .

Ketombe dan rambut rontok

Kulit kepala yang terkelupas bersamaan dengan kerontokan rambut merupakan tanda kekurangan vitamin dan nutrisi penting. Rendahnya kadar vitamin seng, vitamin B2, B3, B6, dan B7 serta zat besi bisa menjadi penyebab masalah sehari-hari.

Jari tangan keriput

Munculnya kerutan tubuh sebagai tanda penuaan adalah hal yang normal dan sehat. Tapi, Anda mungkin pernah mengalami jari tangan keriput ketika berasa di dalam air untuk waktu yang lama. Saat tangan terlihat lebih keriput dan kehilangan elastisitas lebih cepat daripada bagian tubuh lainnya, mungkin tubuh sedang memberikan beberapa tanda peringatan. Kerutan paada jaringan tanpa terkena air bisa menandakan dehidrasi, sirkulasi darah yang buruk, atau masalah tiroid.

Bercak putih di lidah

Lidah yang sehat biasanya memiliki warna merah muda. Jika Anda melihat bercak putih muncul di lidah Anda, itu mungkin tanda sariawan yang umum dialami penderita diabetes.

Ruam kulit

Biasanya, kulit merah dan gatal adalah tanda eksim. Akan tetapi, ruam disertai demam juga bisa disebabkan oleh infeksi atau menyentuh tanaman tertentu.

Pergelangan kaki bengkak

Pergelangan kaki bengkak adalah tanda umum kehamilan, tetapi itu bisa menandakan sirkulasi darah yang buruk, masalah jantung, atau kelenjar tiroid yang kurang aktif bila Anda sedang tidak hamil. Penyebab lain pergelangan kaki bengkak, termasuk makan terlalu banyak garam yang dapat menyebabkan retensi air.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here