Yuk Persiapkan, Ini 5 Menu Khas Idul Adha Favorit Keluarga

Menu

Mode Gelap
FIFA Resmi Umumkan Jadwal Kick-off Piala Dunia 2022 Dimajukan Hari Ini Harga Emas Antam Turun Rp 5.000 Per Gram Diserang Kelompok ADF, 800 Napi Penjara di Kongo Timur Kabur Jangan Telat Perpanjang Sim, Cek di Sini Lokasinya! Bupati Pemalang Terjaring OTT KPK

Kuliner · 5 Jul 2022 13:46 WIB

Yuk Persiapkan, Ini 5 Menu Khas Idul Adha Favorit Keluarga


 Ilustrasi rendang.(Pixabay/Suara.com/Bogordaily.net) Perbesar

Ilustrasi rendang.(Pixabay/Suara.com/Bogordaily.net)

Bogordaily.net– Sebentar lagi umat Islam akan memperingati Hari Raya Idul Adha 1443 Hijriah. Makanan khas yang terbuat dari daging-daging hewan kurban biasanya tersaji dan menjadi favorit keluarga. Konon, daging hewan kurban punya cita rasa yang berbeda daripada daging hewan yang biasanya.  Lantas, apa saja rekomendasi resep menu khas Idul Adha? Dirangkum Suara.com, berikut menu khas Idul Adha yang menjadi favorit keluarga.

Rendang

Menu Idul Adha yang pertama yaitu rendang. Makanan asli Indonesia ini sangatlah terkenal dan sudah mendunia. Bahkan rendang berhasil menempati urutan pertama dalam daftar World’s 50 Most Delicious Food oleh CNN pada tahun 2011 lalu. Kehadiran rendang tentu menjadi sangat dinanti ketika Idul adha. Masakan yang berasal dari Sumatera Barat terkenal akan kelezatannya yang memang memiliki cita rasa pedas gurih dengan perpaduan rempah-rempah yang berlimpah. Resep rendang bisa dicek pada tautan Resep Rendang Daging Sapi.

Ilustrasi rendang daging sapi.(Sajiansedap.grid.id/Bogordaily.net)

Gulai

Gulai merupakan menu makanan yang berbahan baku daging dan diolah dalam kuah dengan berbagai macam bumbu rempah sehingga bercita rasa gurih. Ciri khas dari gulai yaitu memiliki warna kuah yang kuning dan cenderung kental.  Makanan yang satu ini juga menjadi menu favorit ketika hari raya kurban. Cara membuatnya pun cukup mudah.

Ilustrasi Gulai Kambing (Instagram/@susi.agung/Suara.com/Bogordaily.net)

Sate

Sate menjadi menu yang tentu saja tidak akan ketinggalan pada saat Idul Adha tiba. Momen Idul Adha kerap dijadikan sebagai waktu untuk berkumpul bersama, baik dengan keluarga maupun teman. Menyatai seakan sudah menjadi kegiatan wajib saat berkumpul di hari Idul Adha.

Ilustrasi sate.(Youtube Devina Hermawan/Suara.com/Bogordaily.net)

Tongseng

Makanan yang satu ini juga menjadi menu Idul Adha yang khas dan menjadi favorit keluarga. Sama seperti menu-menu sebelumnya, ketika mengolah tongseng juga menggunakan rempah sehingga akan menciptakan rasa yang begitu lezat. Tak hanya daging kambing tongseng daging sapi pun tak kalah enaknya.

Ilustrasi tongseng. (Shutterstock/Suara.com/Bogordaily.net)

Rawon

Rawon menjadi menu khas dan kerap kali ditemui saat Idul adha, makanan yang satu ini bersal dari Jawa Timur. Olahan dagingnya yang konon merupakan makanan favorit raja-raja pada zaman dahulu ini memiliki kuah berwarna hitam pekat seperti semur. Berbeda dengan semur, warna hitam rawon tersebut berasal dari buah kluwek.

Ilustrasi rawon. (masakapahariini.com/Suara.com/Bogordaily.net)

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Redaktur

 
Baca Lainnya

Resep Cream Soup ala Restoran Cepat Saji, Rasanya Maknyus!

12 Agustus 2022 - 20:55 WIB

Memiliki Cita Rasa yang Enak, Ini 7 Bahan Pengganti Lemon

12 Agustus 2022 - 20:18 WIB

pengganti lemon

Mengusung Family Resto, Love Garden Resto & Cafe Sajikan Nuansa Penghijauan

12 Agustus 2022 - 18:02 WIB

Cara Minum Kopi untuk Nikmati Cita Rasa Aslinya

11 Agustus 2022 - 22:31 WIB

Kebiasaan Pagi Hari

7 Negara Pemakan Mie Instan Terbanyak di Dunia, Indonesia ke Berapa Ya?

11 Agustus 2022 - 19:33 WIB

Sedang Diet? Ini Makanan Pengganti Nasi Untuk Turunkan Berat Badan

11 Agustus 2022 - 16:22 WIB

pengganti Nasi
Trending di Kuliner