Sunday, 5 May 2024
HomeKuliner3 Olahan Khas Jepang yang Terbuat dari Telur, Yuk Coba!

3 Olahan Khas Jepang yang Terbuat dari Telur, Yuk Coba!

Bogordaily.net adalah bahan makanan yang bisa dibuat apa saja. Jika kamu bosan makan ceplok dan dadar, kamu bisa praktikkan menu olahan yang terbuat dari .

Berikut ini beberapa olahan telur khas dilansir dari laman Tasteatlas:

1. Chawanmushi

Sederhananya, chawanmushi adalah puding telur yang disajikan dalam wadah berbentuk cawan berpenutup. Hidangan ini biasa disajikan dalam keadaan panas, hangat, dan dingin. Selain itu, kamu bisa menyantapnya sebagai hidangan penutup atau camilan.

Membuat chawanmushi terbilang mudah. Kamu hanya memerlukan bahan-bahan seperti telur, daging ayam, kuah dashi, udang, jamur, kacang polong dan, air. Semua bahan itu dipotong-potong, lalu tambahkan bumbu seperti kecap, tahu, serutan peterseli dan sedikit wortel.

2. Tamago Nigiri Sushi

Telur juga bisa dibuat sushi lho. Orang menyebutnya tamago nigiri sushi. Untuk membuatnya, kamu memerlukan nasi yang dibentuk seukuran satu kali gigitan, lalu tambahkan telur dadar di atasnya.

Agar lebih estetik, kamu bisa tambahkan lembaran nori di atasnya.

Nah, telur dadar yang digunakan dalam tamago nigiri sushi bercita rasa lezat karena di dalamnya ditambahkan mirin, cuka beras, garam, minyak, gula pasir dan air.

Begitu pula dengan nasinya. Agar lebih lezat, nasi dicampur dengan cuka beras dan air.

3. Tenshindon

Tenshindon adalah telur dadar yang dicampur dengan daging kepiting dan nasi. Bumbunya menggunakan bawang negi asli yang tambahkan dengan kacang polong, irisan jahe, dan jamur.

Untuk membuat tenshindon tidak sulit lho. Pertama, siapkan nasi yang telah dibumbui dengan bumbu khas bumbu dapur khas , lalu beri topping telur dadar.

Telur dadar inilah bagian istimewa dari hidangan tenshindon. Pasalnya telur dadar ini dibuat dengan campuran bumbu minyak wijen, saus tiram, kaldu ayam, saus tomat, cuka, kecap, sake, dan gula.

Di beberapa wilayah, tenshindon memiliki rasa yang khas, ada yang cenderung manis, ada pula asam.***

(Riyaldi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here