Adik Kim Jong Un Ancam Balas Biang Kerok Covid-19

Menu

Mode Gelap
Melonjak Rp 10 ribu Per Gram, Cek Harga Emas Antam Hari Ini Terbaru! Ini Lokasi Perpanjang SIM Kota Bogor, Kamis 29 September 2022 Siap-siap Payung, Kota Bogor Hujan Hari Ini, Kamis 29 September 2022 Harga Emas Pegadaian Turun, Rabu 28 September 2022 Jangan Telat Perpanjang SIM! Ini Lokasi Simling Kota Bogor, Rabu 28 September 2022

Internasional · 12 Agu 2022 15:21 WIB

Adik Kim Jong Un Ancam Balas Biang Kerok Covid-19, Korsel Siaga


 Pemimpin Korea Utara (Korut), Kim Jong Un. (via REUTERS/KCNA/CNN Indonesia/Bogordaily.net)
Perbesar

Pemimpin Korea Utara (Korut), Kim Jong Un. (via REUTERS/KCNA/CNN Indonesia/Bogordaily.net)

Bogordaily.net–  Kim Yo Jong yang merupakan adik Pemimpin Tertinggi Korea Utara Kim Jong Un menuding Korea Selatan sebagai biang kerok wabah Covid-19 di negaranya. Kim Yo Jong pun mewanti-wanti Korsel soal pembalasan Korut terkait penyebaran Covid-19.

“Pada hari Kamis, saudara perempuan Kim Jong Un, Kim Yo Jong, menyalahkan ini (Korsel) atas wabah Covid di negara itu, dengan mengatakan bahwa itu adalah ‘kejahatan terhadap kemanusiaan’,” bunyi laporan kantor berita resmi Korut, KCNA, dikutip CNN Indonesia.

Kim Yo Jong mengatakan banyak negara, termasuk Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), telah mengakui bahaya penyebaran penyakit menular melalui kontak dengan benda-benda yang terkontaminasi.

“Sangat mengkhawatirkan bahwa Korea Selatan terus mengirim selebaran, uang, brosur, dan barang-barang ke wilayah kami,” katanya.

Kim Yo Jong juga memperingatkan bahwa Pyongyang sedang mempertimbangkan tanggapan pembalasan yang kuat atas aktivitas Korsel tersebut.

Menanggapi hal tersebut Menteri Pertahanan Korea Selatan, Lee Jong Sup, menyiagakan militer untuk menghadapi ancaman provokasi Korea Utara di masa mendatang.

“Posisi jelas kami adalah militer bakal merespons dengan tegas provokasi langsung dan taktis [Korut],” kata Lee saat membahas pernyataan adik pemimpin Korut Kim Jong Un, Kim Yo Jong.

“Dalam kasus provokasi strategis, kami berencana membalasnya dengan menempatkan kemampuan militer independen Korsel dan mengoperasikan aset strategis Amerika Serikat,” lanjut Lee, dikutip dari The Korea Herald.

Menurut Lee, militer Korsel bakal mencoba mengurangi risiko eskalasi dari provokasi lokal menjadi konflik militer.

Ia juga menuturkan kemungkinan eskalasi konflik rendah jika militer Korsel memiliki kemampuan yang diperlukan untuk menghadapi provokasi lokal Korut.

Selain itu, Lee menyampaikan biasanya Korut melangsungkan provokasi di waktu yang sama kala Korsel-AS mengadakan latihan militer. Pyongyang kemudian mencoba membenarkan provokasi itu, pun menyalahkan Seoul dan Washington.

Namun, Lee menolak memberikan komentar langsung kala ditanya apakah ia mendeteksi tanda-tanda provokasi Korut.***

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Redaktur

 
Baca Lainnya

Arab Saudi akan Ciptakan Kota ‘Surga Alkohol’, Ini Lokasinya

29 September 2022 - 20:59 WIB

arab saudi surga alkohol

Serem, AS Legalkan Jenazah Manusia Jadi Pupuk Kompos

29 September 2022 - 17:01 WIB

jenazah manusia pupuk

Langgar UU Rahasia Negara, Suu Kyi Divonis 3 Tahun Penjara

29 September 2022 - 16:31 WIB

Demo Bela Mahsa Amini Meluas, Taliban Lepas Tembakan

29 September 2022 - 16:03 WIB

Dahsyatnya Badai Ian Hantam Florida, Jutaan Rumah Kehilangan Aliran Listrik

29 September 2022 - 15:36 WIB

Badai ian Florida

Tinggalkan China, Apple Kini Memproduksi iPhone 14 di India

29 September 2022 - 13:19 WIB

iPhone 14 di India
Trending di Internasional