Thursday, 18 April 2024
HomeBeritaAlhamdulillah, Sudah 69.944 Jamaah Haji Pulang ke Tanah Air

Alhamdulillah, Sudah 69.944 Jamaah Haji Pulang ke Tanah Air

Bogordaily.net–  Proses pemulangan jamaah Indonesia dari Arab Saudi masih berlangsung. Kementerian Agama mengungkap perkembangan terkini jumlah jamaah yang telah tiba di Indonesia dan kembali pulang ke tanah air.

Juru Bicara PPIH Pusat, Wawan Djunaedi mengatakan, hingga Sabtu, 6 Agustus 2022 sebanyak 69.944 jamaah yang telah tiba di Indonesia.

“Jumlah jamaah yang telah tiba di tanah air sebanyak 69.944 orang,” ujar Wawan Djunaedi di Asrama Pondok Gede, Jakarta, dilansir Suara.com.

Wawan menjelaskan, pada Sabtu, 6 Agustus  2022 ada 11 kelompok terbang (kloter) jamaah yang pulang ke tanah air menuju tujuh Debarkasi.

Masing-masing satu kloter menuju Debarkasi Batam/BTH (449 orang), Lombok/LOP (389 orang), Palembang/PLM (446 orang), dan Surabaya/SUB (446 orang).

Masing-masing dua kloter kata dia menuju Debarkasi Solo/SOC (712 orang), dan Ujungpandang/UPG (776 orang). Dan, ada tiga kloter yang menuju Jakarta – Bekasi/JKS (1.218 orang).

“Total jamaah yang pulang hari ini sebanyak 4.436 orang,” kata Wawan Djunaedi.

Sementara itu terkait jamaah sakit, Wawan menyebut sampai hari ini masih ada 44 orang yang dirawat yakni 17 jamaah dirawat di Rumah Sakit Arab Saudi (RSAS), dan 27 lainnya dirawat di Klinik Kesehatan Indonesia (KKHI).

“Sementara jemaah wafat bertambah 1 orang atas nama Siti Asiah Aziz, perempuan, 65 tahun, Nomor Paspor C56 03 383, kloter PLM 04, asal Embarkasi Palembang. Sehingga jumlah jemaah wafat sampai hari ini sebanyak 85 orang,” imbuhnya.

Sebelumnya Staf Khusus Menteri Agama Wibowo Prasetyo menyampaikan apresiasi sangat tinggi atas dedikasi para petugas dalam melayani jamaah .

“Melayani jamaah memang sebuah kemuliaan. Dan semoga para petugas mendapatkan semua itu. Aamiin. Saya juga meminta patugas harus tetap semangat dan fokus sampai pendorongan terakhir,” kata Wibowo di Bandara Internasional King Abdulaziz, Jeddah, Arab Saudi.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here