Thursday, 2 May 2024
HomeNasionalAnti Mainstream, Daftar Lomba 17 Agustusan yang Bikin Happy

Anti Mainstream, Daftar Lomba 17 Agustusan yang Bikin Happy

Bogordaily.net – Hari kemerdekaan sebentar lagi. Pertanda beragam lomba akan segera disiapkan di berbagai daerah.

Mulai perlombaan yang biasa hingga yang anti mainstream. Jika Anda jadi panitianya maka bersama tim harus sudah punya ide lomba apa saja yang akan dilaksanakan.

Daftar ide lomba 17 Agustusan

Umumnya, masyarakat Indonesia memeriahkannya dengan lomba panjat pinang, tarik tambang, membawa kelereng dengan sendok atau balapan karung.

Semua yang disebutkan di atas adalah lomba yang cukup seru dan menghibur. Namun jika kegiatan yang sama selalu diulang tiap tahun, acara perlombaan menjadi membosankan.

Agar semakin menarik, setiap lomba harus dimodifikasi agar lebih unik, seru dan heboh. Belakangan, modifikasi lomba 17 Agustus menjadi semakin beragam karena adanya ide-ide kreatif yang masuk.

Menilik ke belakang, budaya lomba 17 Agustus sudah ada sejak tahun 1950-an yang kegiatan perlombaannya diadaptasi dari budaya kolonial namun tetap bermakna semangat perjuangan.

1. Panjat Pinang
Lomba panjat pinang sangat identik dengan 17 Agustus, di mana sebuah pohon pinang yang kini bisa diganti dengan tiang apa saja, dibaluri pelumas hingga licin dan berisi hadiah menarik di puncaknya.

Agar lebih menarik, hadiah yang terdapat di puncak tiang bisa diganti dengan barang-barang menghibur dan salah satunya diisi dengan hadiah ‘zonk'.

2. Lomba Makan Kerupuk
Awalnya, lomba makan kerupuk hanya dilakukan dengan kerupuk yang digantung tali menjuntai, namun belakangan, agar lebih seru, pesertanya harus menutup mata dan badannya diputar-putar agar tidak fokus, kemudian baru memulai perlombaan.

3. Lomba Memindahkan Tepung
Lomba memindahkan tepung akan menjadi salah satu yang paling ditunggu karena seru dan menghibur. Pesertanya duduk berbaris menghadap ke depan dan sebuah baskom berisi tepung akan diangkat ke atas kepala untuk mengisi baskom di peserta berikutnya.

Agar seru, peserta lomba tepung ini bisa dicampur antara anak-anak, lansia, wanita dan peserta laki-laki. Tujuan utama lomba ini adalah menjalin kekompakan dan menciptakan kegembiraan.

Ide lomba 17 Agustus lainnya, sebagai berikut:

Lomba memasukkan belut ke dalam botol
Lomba memasukkan bendera ke dalam botol
Lomba memasukkan paku ke dalam botol
Lomba makeup sambil tutup mata
Lomba sepak bola ibu-ibu
Lomba joget balon
Lomba memindahkan kelereng dengan sendok
Lomba balap karung
Lomba sepeda di atas empang
Lomba sepeda paling lambat
Lomba menangkap bebek
Lomba kelereng sambil tutup mata.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here