Arkeolog Temukan Makam Gladiator di Reruntuhan Kuno Anavarza

Menu

Mode Gelap
Harga Emas Antam Naik Hari Ini, Kamis 8 Desember 2022 Info Gempa Terkini di Indonesia, Rabu 7 Desember 2022 Lokasi SIM Keliling Kota Bogor, Rabu 7 Desember 2022 Perpanjang SIM Kabupaten Bogor, Berikut Harga dan Lokasinya Usai Depak Korsel, Vinicius Berharap Bisa Menari sampai Final Piala Dunia

Internasional · 22 Agu 2022 12:05 WIB

Arkeolog Temukan Makam Gladiator di Reruntuhan Kota Kuno Anavarza


 Kota Kuno Anavarza, yang Terletak di Provinsi Adana, Turki. (tripadvisor/Bogordaily.net) Perbesar

Kota Kuno Anavarza, yang Terletak di Provinsi Adana, Turki. (tripadvisor/Bogordaily.net)

Bogordaily.net – Makam gladiator ditemukan di reruntuhan Kota Kuno Anavarza, yang terletak di Provinsi Adana, Turki. Penemuan makam gladiator ini, ditemukan oleh para arkeolog.

Anavarza, yang masuk dalam Daftar Tentatif Warisan Dunia UNESCO pada tahun 2014, adalah rumah bagi sejumlah peradaban masa lalu, termasuk Kerajaan Yunani, Romawi, Bizantium, Sassanid dan Ottoman kuno.

Tim penggalian, yang terdiri dari 24 staf, 30 ilmuwan dan dua arkeolog yang dipimpin oleh Dr. Fatih Gülşen dari Universitas ukurova, telah melakukan penggalian di lokasi dekat amfiteater dan bagian teater, melansir Daily Sabah dari Anadolu Agency 1 Agustus.

Memperhatikan peneliti menemukan makam di dekat bagian selatan situs penggalian, dekat dengan amfiteater, Gülşen mengatakan mereka yakin para gladiator bertempur di sini.

“Kami tahu bahwa mereka tidak hanya mengorganisir pertarungan gladiator tetapi juga olahraga air, permainan dan festival di sini,” jelas Gülşen, sambil mencatat bahwa amfiteater di Anavarza adalah salah satu dari empat contohnya di Anatolia.

Lebih jauh Gülşen menerangkan, mereka berharap untuk menemukan tulang belulang gladiator dan nekropolis dalam penggalian mereka, untuk menjelaskan sejarah situs kuno tersebut.

Sejak penggalian di situs tersebut dimulai pada tahun 2014, para peneliti telah menemukan patung batu kapur Dewi Yunani Hygieia dan Dewa Eros bersama dengan beberapa mosaik dan relik.

Kota ini juga memiliki jalan pertama dan tertua di dunia, jalan sepanjang 2.700 meter dan lebar 34 meter yang dihiasi tiang-tiang setinggi 1,5 meter.

Diketahui, Kastil Anavarza berada di atas bukit pusat di daerah tersebut, menghadap ke dataran ukurova yang luas dan subur yang dulu dikenal sebagai Kilikia, dan dianggap sebagai salah satu kastil kuno terpenting di Turki.(*)

 
Artikel ini telah dibaca 5,500 kali

badge-check

Redaktur

Baca Lainnya

Ngeri! Bacok Petugas Keamanan, Iran Gantung Pendemo

8 Desember 2022 - 23:51 WIB

Mark Zuckerberg Gak Masuk Daftar 10 Orang Terkaya Dunia Fersi Forbes

8 Desember 2022 - 11:39 WIB

Mark Zuckerberg

Intip 3 Tradisi Natal yang Unik di Berbagai Negara

8 Desember 2022 - 11:03 WIB

tradisi natal

Kura-Kura Tertua di Dunia Rayakan Ultah ke 190 Tahun

8 Desember 2022 - 07:49 WIB

Kura-kura tertua di dunia

Kecelakaan Mobil Porsche di Jerman yang Mengerikan, Kepala Sopirnya Copot

7 Desember 2022 - 16:46 WIB

Kecelakaan Mobil Porsche di Jerman yang Mengerikan, Kepala Sopirnya Copot

Masjid di Hebron Dihancurkan Pasukan Israel

7 Desember 2022 - 15:01 WIB

Trending di Internasional