Wednesday, 24 April 2024
HomeNasionalAsal Usul Burung Garuda, dan Serahnya Jadi Lambang Negara

Asal Usul Burung Garuda, dan Serahnya Jadi Lambang Negara

Bogordaily.net – Seperti apa asal usul burung Garuda dan sejarahnya jadi lambang negara?

Burung Garuda sudah dikenal jauh sebelum negara Indonesia Merdeka. Burung Garuda sangat dekat dengan Hindu.

Sementara itu, desain simbol garuda pancasila pertama kali dicetuskan oleh Sultan Hamid II selaku menteri zonder porto folio pada era pemerintahan RIS (Republik Indonesia Serikat).

Selain itu, ada pula tokoh-tokoh kemerdekaan lainnya yang turut terlibat dalam perumusan simbol negara Indonesia yaitu Ki Hajar Dewantara dan M. Yamin.

Alasan pemilihan burung garuda sebagai lambang Indonesia karena dalam mitologi Hindu, Garuda dalam kisahnya berhasil membebaskan sang ibunda dari cengkraman perbudakan.

Sebagai informasi, garuda adalah kendaraan Dewa Wisnu di dalam agama Hindu. Burung ini digambarkan bertubuh emas, berwajah putih, serta memiliki sayap merah.

Selain itu, digambarkan sayap dan paruh Garuda mirip elang dan tubuhnya seperti manusia. Garuda memiliki ukuran besar, saking besarnya hingga bisa menutupi matahari.

Menurut M. Yamin, dalam buku 6000 Tahun Sang Merah Putih (1951), disebutkan bahwa orang-orang Nusantara mendengar kabar burung gagak itu sebagai kendaraan Dewa Wisnu sejak abad kelima.

Pada masa itu, kerajaan Hindu Tarumanegara, diketahui dipimpin oleh raja bernama Purnawarman. Raja Purnawarman ini penganut agama Hindu aliran Wisnu. Pada masa kerajaan inilah orang-orang mulai mengetahui garuda.

Sejak itu, Simbol Garuda mulai dikenal secara luas. Bahkan, simbol Garuda ditemukan juga dalam arca hingga relief candi-candi Hindu seperti pada candi Prambanan, Sojiwan, Mendut, Penataran, Sukuh, Belahan, dan Cetho.

Diketahui juga bahwa simbol Garuda dijadikan lambang sejumlah kerajaan Hindu pada masa lampau. Adapun kerajaan-kerajaan tersebut yakni kerjaan Airlangga abad ke-11 Masehi dan kerajaan Janggala.

Itulah asal usul dikenalnya burung garuda di nusantara. Burung Garuda yang memiliki makna mendalam dalam mitologi Hindu ini pun kemudian dipilih sebagai lambang negara Indonesia. Karena Indonesia dianggap mempunyai kemiripan nasib dengan Garuda yakni untuk membebaskan rakyat Indonesia dari penjajahan maupun penindasan.

Adapun proses ditetapkannya Garuda Pancasila menjadi Lambang Negara Indonesia yakni terjadi pada tahun 1949-1951.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here