Tuesday, 30 April 2024
HomeNasionalBuatan Pertama Indonesia, Universitas Indonesia Hadirkan Bus Listrik

Buatan Pertama Indonesia, Universitas Indonesia Hadirkan Bus Listrik

Bogordaily.net – Berukuran panjang 12 meter, bus itu memiliki bobot maksimal 16 ton dan kapasitas 48 penumpang. salahs satu mahakarya Universitas Indonesia yang telah di riset sejak 2012 oleh 33 orang peneliti.

Dana penelitian dibantu Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) pada 2018 sebesar Rp 4 miliar dan 2020 senilai Rp 17,6 miliar.

“Perancangan dilakukan selama enam bulan, ini melibatkan banyak sekali tim peniliti, ada mahasiswa teknik, sarjana, ada yang vokasi, kerjaan berat ini, sudah menghasilkan 30 doktor,” kata Ari.

tersebut dapat terwujud berkat dukungan Pemerintah melalui Lembaga Pengembangan Dana Pendidikan (LPDP) yang menginvestasikan dana pengembangan sebesar Rp12,65 milyar untuk pengembangan platform dan Rp5 milyar untuk pengembangan sistem penggerak (motor listrik) oleh .

merupakan hasil program riset bersama antara PT MAB dengan Universitas Indonesia (). Sponsornya Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP). Adapun hasil dari program kerja sama riset ini menggunakan platform MAB sebagai dasar pengembangan.

yang dihasilkan , dapat dibeli dengan harga sangat bersaing (sekitar 5 milyar Rupiah) dan sudah sesuai dengan regulasi pemerintah terkait kendaraan yang beroperasi di jalan raya.

Penelitian kendaraan listrik juga telah melahirkan perusahaan pemula (startup) teknologi, yaitu PT NSAD yang sangat mumpuni dalam bidang perancangan sistem elektronika dan kendali di tingkat nasional.

Ini adalah peluang besar bagi Indonesia karena bus listrik yang dihasilkan Universitas Indonesia ini tidak hanya produk rancangan dan buatan dalam negeri tetapi juga bermerek nasional. Oleh sebab itu, Pemerintah perlu menciptakan pasarnya dan memberikan insentif industri, pembeli, dan penggunanya.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here