Friday, 29 March 2024
HomePolitikDukungan Airlangga Jadi Capres 2024 Angin Segar untuk KIB

Dukungan Airlangga Jadi Capres 2024 Angin Segar untuk KIB

Bogordaily.net dan juga Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) kena dampak baik dari dukungan masyarakat terhadap Ketua Umum Partai Airlangga Hartarto untuk maju sebagai calon presiden (capres) 2024.

Begitu yang disampaikan Direktur Eksekutif Indonesia Political Review (IPR) Ujang Komarudin dalam menanggapi banyaknya dukungan terhadap Airlangga untuk menjadi calon presiden, Selasa 9 Agustus 2022.

Menurutnya, pencapresan Airlangga juga menunjukkan harga diri partai yang tergabung di KIB karena mampu mengusung capres dari internal KIB. Koalisi perlu sosok capres dengan elektabilitas bagus untuk diusung pada Pilpres 2024.

“Ini tentu menjadi angin segar untuk Airlangga. Karena bagaimanapun KIB perlu sosok capres yang memiliki elektabilitas bagus. Seperti kata DPD , bahwa elektabilitasnya makin naik,” kata Ujang, dikutip dari RMOL, Rabu 10 Agustus 2022.

Dengan banyaknya dukungan dari seluruh DPD di Indonesia, hal ini menjadi peluang bagus bagi Airlangga untuk menjadi capres KIB.

Ujang menambahkan, persaingan suara partai politik yang tergabung di KIB harus dilihat sebagai indikator untuk pencapaian suara dalam mengusung calon presiden.

Perolehan lebih tinggi dibanding PPP dan PAN dalam Pemilu 2019, baik jumlah suara maupun jumlah kursi di DPR.

“Artinya dalam konteks kalkulasi dan rasionalisasi politik maka capres adalah bisa Airlangga,” katanya.

Selain itu pencapresan Airlangga juga menunjukkan harga diri partai yang tergabung di KIB karena mampu mengusung capres dari internal KIB.

“Tetapi yang bagus ketika KIB mengusung capres internal karena berkaitan dengan harga diri partai dan KIB,” imbuhnya.

Apalagi, masih kata Ujang, dukungan yang massif itu satu tarikan nafas dengan keputusan rapat tinggi internal Partai yang menetapkan Airlangga sebagai calon presiden.

“Kita tahu Pak Airlangga jauh-jauh hari sudah ditetapkan sebagai capres resmi dari partai dalam munas, lalu diperkuat lagi dalam rapimnas. Artinya secara formal organisasi, secara aturan, Pak Airlangga memang capres resmi Partai ,” pungkasnya.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here