Fakta Unik, Rutin Makan Sayur Bisa Tingkatkan Daya Ingat

Menu

Mode Gelap
Melonjak Rp 10 ribu Per Gram, Cek Harga Emas Antam Hari Ini Terbaru! Ini Lokasi Perpanjang SIM Kota Bogor, Kamis 29 September 2022 Siap-siap Payung, Kota Bogor Hujan Hari Ini, Kamis 29 September 2022 Harga Emas Pegadaian Turun, Rabu 28 September 2022 Jangan Telat Perpanjang SIM! Ini Lokasi Simling Kota Bogor, Rabu 28 September 2022

Kesehatan · 12 Agu 2022 09:27 WIB

Fakta Unik, Rutin Makan Sayur Bisa Tingkatkan Daya Ingat


 Sayuran. (okezone/Bogordaily.net) Perbesar

Sayuran. (okezone/Bogordaily.net)

Bogordaily.net – Rutin makan sayur dapat membantu menjaga fungsi otak, termasuk fungsi kognitif. Sehingga dapat menjadi penambah memori atau daya ingat.

“Diet Mediterania (kandungan buah dan sayuran tinggi) terkait dengan penurunan risiko penyakit neurodegeneratif dan peningkatan kinerja kognitif,” ungkap peneliti utama studi dari Universitas Birbeck, Pinar Sengul dilansir dari laman One Green Planet, Jumat 12 Agustus 2022.

Diet vegan dikaitkan dengan kondisi kardiovaskular dan serebrovaskular yang unggul. Penelitian ini terdiri dari 62 orang dewasa berusia 40 tahun ke atas, yang berkisar antara vegan hingga omnivora penyuka daging.

Para peneliti mengukur memori mereka menggunakan California Verbal Learning Test atau tes ingatan yang tertunda, dan melakukan studi kualitas tidur menggunakan Pittsburgh Sleep Quality Test.

Hasil studi tidur tidak mengungkapkan banyak hal, tetapi ditemukan bahwa pengaruh ingatan sangat tergantung pada diet para peserta. Menurut Tes Pembelajaran Verbal California, pescatarian mendapat skor tertinggi.

Vegetarian juga keluar sebagai yang teratas dalam tes ingatan yang tertunda, dan pemakan daging berat berada di peringkat terakhir. Studi ini juga menemukan bahwa perempuan mendapat skor lebih baik di setiap kelompok diet kecuali vegetarian.

“Studi percontohan ini telah menemukan bahwa ada efek signifikan dari gender yang lebih baik di perempuan daripada laki-laki, dalam hal memori keseluruhan dan efek yang sedikit signifikan dari diet pada memori jangka pendek,” kata para peneliti dalam studi.

“Dan pola makan nabati menunjukkan kinerja yang lebih unggul daripada pola makan hewani,” sambungnya.

Meskipun penelitian ini tidak memiliki ukuran sampel besar, para peneliti berharap penelitian yang menarik ini akan mengarah pada lebih banyak penelitian lain di fokus serupa.***

(Riyaldi Suhud)

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Redaktur

 
Baca Lainnya

Kemenkes Minta Masyarakat Batasi Konsumsi Gula Berlebih

29 September 2022 - 22:29 WIB

Konsumsi Gula

Jangan Terlalu Rajin! Ini Dampak Buruk Keseringan Cuci Muka

29 September 2022 - 20:11 WIB

Konsumsi Pil KB Bikin Gemuk, Mitos atau Fakta?

29 September 2022 - 19:56 WIB

Pil KB Gemuk

Girls Catat! 4 Cara Mengatasi Kulit Wajah Kering

29 September 2022 - 13:28 WIB

Wajah Kering

Walau Asam, Ini 5 Manfaat Jeruk Nipis Bagi Kesehatan

29 September 2022 - 07:30 WIB

manfaat Jeruk Nipis

Yuk, Rutin Konsumsi Biji-bijian, Bisa Kurangi Risiko Penyakit Jantung

28 September 2022 - 23:43 WIB

Trending di Kesehatan