Thursday, 28 March 2024
HomeNasionalJokowi Bawa Pistol, Dipuja-puja Hasto

Jokowi Bawa Pistol, Dipuja-puja Hasto

Bogordaily.net bawa pistol dipuja-puja Hasto. Pemandangan itu terlihat dalam bertema “Freedom Of Harmony” yang digelar dalam memperingati HUT ke-77 RI, Selasa 23 Agustus 2022.

Menariknya, dalam pameran ini ada salah satu lukisan yang menggambarkan sosok Presiden RI Joko Widodo atau memegang pistol.

Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto yang melihat lukisan itu punya memaknai lukisan yang memegang pistol tersebut sebagai gambaran ketegasan. Namun ia menegaskan, memegang pistol bukan berarti otoriter.

.

Lukisan yang menggambarkan sosok Presiden RI Joko Widodo atau memegang pistol. Lukisan itu dipamerkan dalam acara bertema “Freedom Of Harmony” menyambut HUT RI ke-77 tahun. (Suara.com/Bagaskara)

“Ya artinya ketegasan dari pak . Ini dalam pandangan saya itu diperlukan dan sangat penting di dalam menjaga ketertiban sosial, menegakan hukum. Jadi bukan pistol adalah pengertian untuk bertindak otoriter,” kata Hasto.

Hasto menyampaikan, lukisan tersebut dibuat hanya sebagai bentuk ekpresi sang seniman atau pelukisnya.

Menurutnya, dari gambar itu sosok disebut tegas dan membangun ketertiban sosial melalui penegakan hukum.

“Sebagai bentuk simbolisasi dari mana para seniman mengekspresikan sosok presiden itu sebagai sosok yang tegas, sosok yang membangun tertib sosial melalui penegakan hukum itu,” tuturnya.

Namun untuk lebih lanjutnya menurut Hasto yang mengerti makna sebenarnya dari lukisan tersebut hanya sang pelukis yang tahu.

“Iya kira-kira seperti itu. Nanti ditanyakan ke senimannya, kalau saya kan membaca pesan apa yang dibawa seorang seniman dalam lukisan. Dan di tangan presiden di situ diharapkan seluruh harapan terhadap seorang pemimpin yang tegas,” tandasnya.

Melansir Suara.com lukisan tersebut berjudul ‘Bongkar' dimana Edi Markas selaku pelukisnya. Lukisan itu berukuran 120×120 centimeter dengan digambarkan memakai pakaian jas rapih dilengkapi peci berwarna hitam dengan tangan kanan menggenggam pistol.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here