Saturday, 27 April 2024
HomeNasionalJokowi Pimpin Apel Kehormatan dan Renungan Suci di TMP

Jokowi Pimpin Apel Kehormatan dan Renungan Suci di TMP

Bogordaily.net – Presiden Joko Widodo () memimpin apel kehormatan dan di (TMP) Nasional Utama, Kalibata, Jakarta, Rabu, 17 Agustus 2022.

Acara tersebut adalah bagian dari rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia atau HUT RI ke-77.

Dilansir ANTARA, Presiden Joko Widodo tiba di TMP Nasional Utama Kalibata pukul 23.45 WIB, Selasa, 16 Agustus. Kepala Negara diagendakan memimpin Upacara Apel Kehormatan dan .

Dalam sambutannya, menyatakan penghormatan tertinggi bagi 10.257 pahlawan yang telah mengabdi dan mengorbankan jiwa raga untuk membela Tanah Air dan meneruskan perjuangan.

Kepala Negara memerinci, sebanyak 9.241 pahlawan dari TNI dan Polri, 904 pahlawan dari Badan Perjuangan, 69 pahlawan dari tokoh nasional, dan 43 pahlawan tidak dikenal bersemayam di TMP Kalibata.

juga memberikan penghormatan kepada para pahlawan yang tidak dikenal, baik nama maupun tempatnya, dari seluruh pelosok Tanah Air. Ia juga turut mendoakan agar para pahlawan diberikan tempat yang layak di sisi Tuhan Yang Maha Kuasa.

“Kami menyatakan hormat yang sebesar-besarnya atas keridaan, keikhlasan, dan kesucian pengorbanan para pahlawan dalam mengabdi kepada perjuangan demi kebahagiaan nusa dan bangsa,” ujar .

“Kami bersumpah dan berjanji, perjuangan para pahlawan adalah perjuangan kami pula dan jalan kebaktian yang ditempuh adalah jalan kami juga. Kami berdoa, semoga arwah para pahlawan diterima oleh Tuhan Yang Maha Esa di tempat yang sebaik-baiknya,” ungkapnya.

Sebelumnya, Wakil Presiden Ma'ruf Amin lebih dulu tiba di TMP Nasional Utama Kalibata. Selain Presiden dan Wakil Presiden, sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju juga tampak hadir di antaranya Menteri BUMN Erick Thohir.

Selain itu, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Mahfud MD, dan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo juga hadir.

Selanjutnya, Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa, Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo, Ketua Mahkamah Agung M. Syarifuddin, hingga Ketua Mahkamah Konstitusi Anwar Usman juga terlihat hadir di TMP Nasional Utama Kalibata.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here