Friday, 19 April 2024
HomeBeritaJuara di Piala AFF U-16, Bima Sakti Bawa Jersey Alfin Lestaluhu ke...

Juara di Piala AFF U-16, Bima Sakti Bawa Jersey Alfin Lestaluhu ke Podium

Bogordaily.net – Timnas Indonesia berhasil menjadi juara di Piala AFF 2022. Garuda Asia menang 1-0 atas Vietnam. Sang Pelatih Tim Nasional (Timnas) Indonesia , Bima Sakti membawa jersey almarhum Alfin Lestaluhu ke podium juara Piala AFF 2022.

Bima Sakti sengaja membawa jersey almarhum Alfin Lestaluhu tersebut karena ingin mendedikasikan gelar juara Piala AFF 2022 tersebut kepada almarhum Alfin.

Seperti yang diketahui, Timnas Indonesia baru saja memastikan diri menjadi kampiun Piala AFF 2022 usai bungkam Vietnam dengan skor 1-0 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Jumat, 12 Agustus 2022 malam WIB.

Itu adalah gelar kedua Timnas Indonesia di ajang Piala AFF . Sebelumnya, Garuda Asia meraih gelar juara pada 2018. Kebetulan saat itu Indonesia juga menjadi tuan rumah.

Kemenangan ini tentu saja tak luput dari tangan dingin Bima Sakti sebagai pelatih. Pasalnya, selama ajang tersebut bergulir, Timnas Indonesia U-16 sama sekali belum terkalahkan.

Kemenangan ini tentu saja tak luput dari tangan dingin Bima Sakti sebagai pelatih. Pasalnya, selama ajang tersebut bergulir, Timnas Indonesia U-16 sama sekali belum terkalahkan.

Tak hanya itu saja, keluarnya Indonesia U-16 sebagai kampiun ini didedikasikan kepada Alfin. Pemain asal Tulehu itu sebelumnya memperkuat skuad Garuda Muda dengan berposisi sebagai bek kanan.

Namun sayangnya, Alfin meninggal dunia di Jakarta pada 31 Oktober 2019 karena sakit ‘enchepalitis' yang menyerang otak. Dia sempat dirawat di Ambon sebelum diterbangkan ke Jakarta untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut.

Selama gelaran Piala AFF U-16 2022 berlangsung, Bima Sakti selalu membawa jersey Alfin. Jersey itu selalu dibawa para pemain Timnas U-16 saat melakukan foto bersama sebelum laga. Pelatih asal Balikpapan itu sempat membeberkan alasan mengapa selalu membawa jersey Alfin.

Bima Sakti mengatakan bahwa jersey tersebut merupakan simbol pemain yang memiliki semangat juang tinggi. Sehingga dengan harapan menjadi pelecut semangat bagi para pemain Timnas Indonesia U-16 saat ini.

Hingga akhirnya, kini Garuda Muda berhasil menyabet gelar juara. Pemandangan menarik pun kembali terjadi. Bima Sakti lagi-lagi membawa jersey Alfin yang bernomor punggung dua saat merayakan gelar juara di atas podium. Terlihat jelas bahwa gelar ini tentu didedikasikan kepada pemain kelahiran Tulehu itu.

Sekadar diketahui, Alfin adalah bek kanan Timnas Indonesia U-16 pada 2019 yang saat itu juga dilatih oleh Bima Sakti. Dia turut membawa Indonesia mencapai peringkat ketiga Piala AFF U-15 2019 dan lolos Piala Asia U-17 2020 dengan menjadi peringkat kedua Grup G fase kualifikasi.

Sementara itu, gelar kali ini merupakan gelar kedua Indonesia di ajang Piala AFF U-16. Sebelumnya, Garuda Muda keluar sebagai juara pada edisi 2018. Kala itu, Timnas Indonesia U-16 keluar sebagai kampiun setelah kalahkan Thailand U-16 melalui adu penalti dengan skor 4-3 di Stadion Delta Sidoarjo.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here