Tuesday, 7 May 2024
HomeNasionalKarhutla Kembali Melahap Lahan di Gunung Pusuk Buhit

Karhutla Kembali Melahap Lahan di Gunung Pusuk Buhit

Bogordaily.net – Si Jago Merah mengamuk, dan (Karhutla) kembali terjadi di Kabupaten Samosir. Kali ini, di sekitar Gunung Pusuk Buhit terbakar.

Selain itu, kawasan Bukit Parombahan (Simpang Gonting), Desa Aek Sipitudai, dan kawasan Bukit Desa Siboro, Kecamatan Sianjur Mulamula, juga ikut terbakar, Jumat, 5 Agustus 2022 malam.

Hal itu dibenarkan Camat Sianjur Mulamula Sihar Limbong kepada Waspada Online saat dihubungi via telepon.

Saat ini, katanya, kepolisian dan pemadam sudah turun melakukan pemadaman di Bukit Desa Siboro. “Ini baru selesai kami padamkan,” ujar Sihar.

Tokoh Masyarakat Kenegrian Limbong, Jongar Limbong tinggal di seputaran kaki Gunung Pusuk Buhit, tepatnya di bawah Objek Wisata Batu Sawan, membenarkan kejadian tersebut. “Iya, ada di Pusuk Buhit,” ujarnya.

Menurutnya, Gunung Pusuk Buhit merupakan tempat yang dianggap sakral oleh orang Batak. “Api sudah naik sampe ke atas,” ucapnya.

Kabag Ops Polres Samosir Kompol Lengkap Suherman Siregar telah turun ke lokasi telah berupaya memadamkan api yang terus menjalar.

“Kejadian sekitar pukul 20.00 WIB, pertama diketahui adanya titik api tepat di Bukit Parombahan (Simpang Gonting) Desa Aek Sipitudai Kecamatan Sianjurmulamula,” sebut Lengkap Suherman.

Untuk mengantisipasi terjadinya yang lebih besar, sebelumnya Kapolres Samosir AKBP Josua Tampubolon telah membentuk tim Satgas yang disertai MoU sebagai sikap dan tanggung jawab bersama untuk penanganan Karhutla.

Saat ini api masih menyala di areal perbukitan Parombahan Desa Aek Sipitudai Kecamatan Sianjurmulamula. Termasuk okasi titik api berada di pinggir jalan Tele-Pangururan. “Sampai saat ini masih dilakukan upaya pemadaman api bersama sama dengan instansi terkait,” pungkas Lengkap Suherman.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here