Jabal Rahmah, Salah Satu Tempat yang Didatangi Jamaah Haji

Menu

Mode Gelap
Terbaru! Ini Lokasi Sim Keliling Kota Bogor, Jumat 30 Sepember 2022 Lagi! Kota Bogor Hujan Hari Ini, Jumat 30 September 2022 Melonjak Rp 10 ribu Per Gram, Cek Harga Emas Antam Hari Ini Terbaru! Ini Lokasi Perpanjang SIM Kota Bogor, Kamis 29 September 2022 Siap-siap Payung, Kota Bogor Hujan Hari Ini, Kamis 29 September 2022

Haji 2022 · 11 Agu 2022 13:42 WIB

Menilik Jabal Rahmah, Salah Satu Tempat yang Didatangi Jamaah Haji


 Situasi Jabal Rahmah pada Jumat pagi 8 Juli (9 Dzulhijjah), jelang seluruh jemaah haji akan melaksanakan Wukuf. (Dok. MCH 2022/Suara.com/Bogordaily.net) Perbesar

Situasi Jabal Rahmah pada Jumat pagi 8 Juli (9 Dzulhijjah), jelang seluruh jemaah haji akan melaksanakan Wukuf. (Dok. MCH 2022/Suara.com/Bogordaily.net)

Bogordaily.net–  Salah satu tempat persinggahan bagi jamaah ketika puncak haji saat wukuf di Padang Arafah adalah Jabal Rahmah. Banyak jamaah haji rela berdesakkan menaiki bukit yang berada di sebelah timur Kota Makkah, Arab Saudi tersebut.

Saat musim Haji, ribuan umat Islam yang menunaikan Haji akan menghabiskan seluruh waktu siangnya pada 9 Dzulhijjah di Jabal Rahmah untuk berdoa dan meminta pengampunan kepada Allah SWT.

Tim MCH (Media Center Haji) Indonesia sebagaimana dilansir Suara.com, berkesempatan mengunjungi Jabal Rahmah pada Jumat pagi 8 Juli (9 Dzulhijjah), jelang seluruh jamaah haji akan melaksanakan Wukuf.

Jarak Jabal Rahmah dari tenda jamaah haji Indonesia di Arafah cukup jauh. Jamaah Indonesia yang berniat ke sana harus menempuh perjalanan dengan jalan kaki hingga beberapa kilometer.

Tim MCH sendiri tiba di lokasi tersebut saat menjelang subuh. Namun, setiba di sana sudah mulai dipadati ribuan jamaah dari berbagai negara yang mendaki hingga puncak.

Sejumlah jamaah memilih bertahan di puncak Jabal Rahmah. Sebagian di antaranya, menghabiskan waktu dengan membaca Al-Qur’an, berzikir dengan khusyuk, hingga berdoa sambil menangis di tengah kepadatan jamaah yang memenuhi tempat tersebut.

Di puncak Jabal Rahmah, dibangun tugu berisi tulisan peringatan menggunakan 5 bahasa. Peringatan ini diletakkan agar para jamaah tidak berlebihan dalam melakukan ritual doa di sana.

Sejumlah petugas keamanan Arab Saudi juga dikerahkan untuk berjaga di sana. Beberapa kali petugas harus menegur para jamaah yang melakukan hal-hal berlebihan di sana. Salah satunya meratap sambil menepuk-nepuk tugu.

Ribuan jamaah terus berdatangan secara bergelombang seiring matahari yang mulai naik. Ribuan jamaah ini terus memadati Jabal Rahmah hingga waktu Wukuf selesai pada Maghrib 9 Dzulhijjah.

Bukit berbatu granit ini kerap disebut Jabal Arafah karena letaknya di Padang Arafah. Menurut sejarah, di bukit ini, Nabi Muhammad SAW menyampaikan khutbah terakhir yang menunaikan ibadah baji bersamanya sebelum meninggal dunia.

Bukan cuma itu, bukit ini juga menjadi tempat persamuhan Nabi Adam AS dan istrinya, Hawa, setelah diperintah Allah untuk turun ke bumi. Ketinggian bukit ini sekitar kira-kira 70 meter.

Tempat ini juga memiliki banyak keistimewaan. Salah satunya, bukit ini menjadi tempat diturunkannya wahyu terakhir kepada Nabi Muhammad, tatkala Rasulullah melakukan Wukuf di Arafah.***

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Redaktur

 
Baca Lainnya

Operasional Haji 2022 Berakhir, Total 89 Jamaah Wafat

13 Agustus 2022 - 15:17 WIB

Selamat! Arab Saudi Beri Penghargaan ke Indonesia Atas Layanan Haji

12 Agustus 2022 - 10:36 WIB

Sudah 81.612 Jamaah Haji Indonesia Tiba di Tanah Air

10 Agustus 2022 - 09:10 WIB

Update! Sudah 78.369 Jamaah Haji Tiba di Indonesia

9 Agustus 2022 - 10:25 WIB

Badai Pasir di Madinah, Ini Pesan Buat Jamaah Haji Indonesia

8 Agustus 2022 - 14:57 WIB

Menag Gus Yaqut Sambut Petugas Haji di Soetta

8 Agustus 2022 - 09:10 WIB

petugas haji
Trending di Haji 2022