Monday, February 6, 2023
HomeNasionalNekat Buka, Gerai Mie Gacoan Disegel

Nekat Buka, Gerai Mie Gacoan Disegel

IIMS

Bogordaily.net – Nekat buka tanpa izin, salah satu gerai Mie Gacoan di Kota Bandung disegel. Penyegelan dilakukan oleh Dinas Cipta Karya, Bina Kontruksi, Tata Ruang (Disciptabintar) Kota Bandung, pada Selasa, 23 Agustus 2022.

Penyebab gerai Mie Gacoan disegel dikarenakan, gerai ini tidak memiliki izin mendirikan bangunan (IMB) atau yang saat ini disebut persetujuan bangunan gedung. Selain itu pengelola tidak memiliki sertifikat laik bangunan.

Kepala Disciptabintar, Bina Kontruksi dan Tata Ruang Kota Bandung Bambang Suhari mengatakan, penyegelan dilakukan karena gerai tersebut tidak memiliki izin bangunan. Selain itu mereka tidak memiliki sertifikat laik bangunan.

“Ini tanpa dokumen perizinan melakukan usaha itu melanggar aturan makanya disegel,” ujarnya dikutip dari Republika, Kamis, 25 Agustus 2022.

Pihaknya akan memberikan sanksi administrasi kepada pengelola dan masih dibahas sanksi tersebut. Bambang mengatakan, sempat menyegel bangunan tersebut pada Juli lalu. Namun oleh pengelola dibuka tanpa persetujuan dan kembali melakukan aktivitas.

Karena itu, pihaknya dengan tegas akan melaporkan ke kepolisian apabila pengelola kembali membuka segel. “Pernah disegel bulan Juli perbuatan pembukaan segel pidana, dibuka sendiri membuka lagi akan diaporkan ke kepolisian,” katanya.

Bambang mengatakan, pihaknya meminta maaf kepada para pelanggan Mie Gacoan. Namun, pihaknya harus menyegel karena bangunan tidak memiliki izin.

“Kami mohon maaf kepada pelanggan karena Mie Gacoan belum punya perizinan kami segel untuk tidak dibuka,” katanya.

Bambang mengimbau, masyarakat atau investor yang akan berusaha di Kota Bandung untuk menaati aturan. Dia pun meminta mereka mengurus persyaratan perizinan bangunan gedung maupun untuk usaha.

“Kita ingin warga masyarakat investor dilindungi asal taat aturan,” katanya.

Sejauh ini, manajemen Mie Gacoan belum memberikan penjelasan ihwal penyegelan salah satu gerai di Kota Bandung.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Berita Terbaru

Gabung dengan Kami

Loker Bogor Daily

Invitation Investor Gathering

Anton S Suratto

Perumda Tirta Pakuan

PAN Jawa Barat

Harlah PPP

Dirgahayu PDI Perjuangan

RSUD Ciawi

RSUD Leuwiliang

Antam

Harlah 1 Abad Nahdlatul Ulama

Perumda Tirta Kahuripan

Sienna Residence bogor

UIKA Bogor