Friday, 19 April 2024
HomeBeritaMencekam! Perang Antar Genk di Meksiko Meluas, Belasan Orang Tewas

Mencekam! Perang Antar Genk di Meksiko Meluas, Belasan Orang Tewas

Bogodaily.net – Kota-kota di perbatasan – Tijuana, Mexicali, Rosarito dan Ensenada – mencekam. Perang antar Genk di tak terhindarkan, puluhan orang dilaporkan tewas dalam bentrokan tersebut.

mengalami kebakaran dan penembakan besar-besaran oleh kartel narkoba untuk ketiga kali pada pekan ini.

Geng-geng itu sepertinya menarget toko, kendaraan dan warga tak bersalah sebagai balasan atas sengketa atau upaya penangkapan anggota geng.

Para pejabat negara bagian Baja California mengatakan 24 kendaraan dibakar di beberapa titik di negara bagian itu: 15 di Tijuana, tiga di Rosarito, dan masing-masing dua di Mexicali, Ensenada, dan Tecate.

Wali Kota Tijuana Montserrat Caballero mengatakan meningkatnya kekerasan itu disebabkan perselisihan antar geng narkoba.

Caballero menyerukan “kelompok kejahatan terorganisasi,” istilah untuk kartel narkoba, agar berhenti menarget warga sipil.

Belasan Orang Tewas

Perang antar genk di juga terjadi di dalam penjara perbatasan yang menewaskan dua narapidana dengan cepat menyebar ke jalan-jalan Ciudad Juarez di mana anggota geng diduga membunuh sembilan orang lagi, termasuk empat pegawai sebuah stasiun radio, kata pejabat keamanan pada Jumat 12 Agustus 2022.

Lonjakan kekerasan itu mengingatkan periode yang jauh lebih mematikan di Juarez lebih dari satu dekade sebelumnya. Kartel narkoba yang kuat biasanya menggunakan geng lokal untuk mempertahankan wilayah mereka dan melakukan balas dendam mereka.

Wakil menteri keamanan pemerintah federal, Ricardo Mejía Berdeja, mengatakan kekerasan dimulai di dalam penjara negara bagian setelah pukul 13.00 pada Kamis (11/8), ketika anggota geng Los Mexicles menyerang anggota geng saingannya Chapos.

Dua narapidana tewas dan 20 lainnya luka-luka.

Para anggota geng di luar penjara kemudian mulai membakar bisnis dan menembakkan senjata di Ciudad Juarez.

“Mereka menyerang penduduk sipil yang tidak bersalah seakan seperti balas dendam,” kata Presiden Andrés Manuel López Obrador. “Bukan hanya bentrokan antara dua kelompok, tetapi sampai pada titik di mana mereka mulai menembaki warga sipil, orang-orang yang tidak bersalah. Itu adalah hal yang paling disayangkan dalam urusan ini.”

Mejía mengatakan empat karyawan MegaRadio yang menyiarkan acara promosi langsung di luar sebuah tempat usaha tewas dalam penembakan itu.

Jaksa Agung negara bagian Chihuahua Roberto Fierro Duarte mengatakan bahwa seorang anak laki-laki yang terluka dalam penembakan di sebuah toko swalayan meninggal kemudian di rumah sakit, dua wanita tewas dalam kebakaran di toko SPBU lainnya dan dua pria lainnya ditembak di tempat lain di kota itu.

Fierro mengatakan 10 tersangka telah ditangkap.

Sumber: suara.com/VOA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here