Saturday, 27 April 2024
HomeBeritaPerputaran Bumi Lebih Cepat dari Biasanya, Ini Alasannya

Perputaran Bumi Lebih Cepat dari Biasanya, Ini Alasannya

Bogordaily.net – Perputaran yang lebih cepat dari biasanya membuat para ilmuwan bingung. Hal ini karena perputaran yang cepat sama dengan hari yang lebih pendek dari biasanya.

Dikutip dari situs NZ Herald, laboratorium Fisika Nasional Inggris menunjukkan bahwa saat ini putaran lebih cepat dari biasanya, daripada setengah abad yang lalu.

Pada 29 Juni 2022, tengah malam tiba perputaran 1,59 mili detik lebih cepat dari yang diperkirakan. Itu adalah hari terpendek selama lebih dari setengah abad, setidaknya sejak para ilmuwan mulai melacak kecepatan rotasi dengan jam atom pada 1960-an.

Fenomena berputar lebih cepat dari biasanya, sebenarnya tak hanya terjadi satu kali. Pada 2020, tercatat ada 28 hari terpendek dalam sejarah. Dan baru minggu lalu, pada tanggal 26 Juli, hari itu berlangsung kurang dari 1,5 milidetik dari biasanya.

“Sejak 2016, mulai berakselerasi,” kata Leonid Zotov, seorang peneliti di Lomonosov Moscow State University, mengatakan kepada CBS News.

“Tahun ini berputar lebih cepat dari tahun 2021 dan 2020,” sambungnya, sebagaimana dikutip dari Engadget, Sabtu, 6 Agustus 2022.

Hari telah menjadi lebih lama sejak pembentukan . Seperti yang dicatat The Guardian, sekitar 1,4 miliar tahun yang lalu, rotasi membutuhkan kurang dari 19 jam.

Hari menjadi lebih lama, rata-rata, sekitar satu 74.000 detik setiap tahun. Tapi rotasi planet bisa berfluktuasi dari hari ke hari.

Para ilmuwan percaya ada sejumlah faktor penyebab yang dapat mempengaruhi putaran bumi, termasuk gempa bumi, angin kencang di tahun-tahun El Niño, lapisan es yang mencair dan membeku kembali, serta bulan dan iklim.

Beberapa ilmuwan menyebut “goyangan Chandler” mungkin memiliki efek pada rotasi Bumi juga. Seperti yang diwartakan USA Today, fenomena itu adalah “penyimpangan kecil dan tidak teratur pada titik-titik rotasi Bumi relatif terhadap Bumi padat.”(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here