Friday, 3 May 2024
HomeTravellingIndah Banget! Pesona Pulau Janda yang Banyak Dihuni Perempuan, Tertarik Datang?

Indah Banget! Pesona Pulau Janda yang Banyak Dihuni Perempuan, Tertarik Datang?

Bogordaily.net–  Sebuah dengan pemandangan cukup indah bernama Dao Koh Rong atau dijuluki Janda. Lokasinya di dan terletak sekitar 30 kilometer arah selatan Kota Phnom Penh. Dao Koh Rong dijuluki janda lantaran penduduk aslinya hampir tak ada laki-laki. Semua penghuninya adalah wanita dan kebanyakan janda. Itulah sebab dijuluki Janda.

Dilansir Okezone.com, Janda yang ditinggali sekitar sekitar 40 perempuan dan 107 anak-anak memiliki alam yang indah, sehingga sering menjadi tujuan turis asing untuk berwisata.

Para wanita yang tinggal di Desa Koh Rong tersebut kebanyakan wanita yang sudah ditinggalkan oleh suaminya. Ada yang karena cerai mati alias suaminya meninggal dunia, ada juga yang ditinggalkan karena si wanita mengalami pelecehan seksual. Bahkan beberapa di antaranya jadi janda karena suaminya diculik.

Semua wanita di desa ini pernah berada dalam keadaan yang sangat sulit dan kemiskinan. Bahkan, mereka tidak memiliki akomodasi yang layak, hanya mengemis dan mengais-ngais di jalanan.

Beruntung ada LSM di Phnom Penh yang membantu mereka. Para wanita ini pun kemudian dipindahkan ke Koh Rong untuk memulai hidup mereka kembali. Berkat dukungan dari negara, para wanita ini juga memiliki rumah untuk ditinggali dan mulai menjalani kehidupan mandiri.

Para wanita ini kemudian memproduksi segala sesuatu yang diperlukan untuk kehidupan, bertani, beternak, menangkap makanan laut, dan membuat tekstil. Sedangkan untuk beberapa pekerjaan berat, wanita di Koh Rong dapat mempekerjakan pria dari luar untuk membantu dan membayar.

Di Koh Rong, penduduknya hampir tidak memiliki perangkat modern seperti telepon atau televisi. Satu-satunya yang membantu mereka tetap mengerti informasi terbaru adalah radio.

Janda kini semakin berkembang di bidang pariwisata dengan terus menyambut banyak pengunjung setiap tahun. Penduduk di pulau itu juga mulai mengembangkan ekonominya, menciptakan produk yang bisa diekspor. Tak hanya itu, pulau ini juga sering didatangi warga asing untuk cari peruntungan.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here