Thursday, 25 April 2024
HomeBeritaProfil Kombes Nurul Azizah, Polwan Pertama yang Jadi Jubir Polri

Profil Kombes Nurul Azizah, Polwan Pertama yang Jadi Jubir Polri

Bogordaily.net– Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabagpenum) Humas Polri yang hadir pada uji balistik laboratorium forensik di rumah dinas mantan Kadiv Propam Polri Irjen Ferdy Sambo di kawasan Duren Tiga, Pancoran, Jakarta, Senin, 1 Agustus 2022 lalu mencuri perhatian.

telah ditunjuk Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo  menggantikan posisi Kombes Gatot Repli Handoko yang mendapat kenaikan satu pangkat lebih tinggi menjadi Brigadir Jenderal atau Brigjen. Ia menjadi jubir polwan pertama di Polri. Berikut sebagaimana dilansir Suara.com

Kombes Pol. Dr. Nurul Azizah, S.IK, M.Si ini merupakan putri daerah Semarang, Jawa Tengah yang menyelesaikan pendidikannya di Sekolah Bintara Polwan pada tahun 1991 lalu.

Kegigihannya dalam menimba ilmu yang lebih tinggi membuatnya memilih untuk melanjutkan pendidikannya di jenjang D3 Ilmu Kepolisian dan Setukpa. UsaiSetelah menyelesaikan pendidikannya di Setukpa, Kombes Nurul lulus dengan mendapatkan pangkat inspektur polisi dua (Ipda).

Prestasi yang kembali ditorehkannya usai menyelesaikan pendidikan adalah penempatan kerjanya sebagai Perwira Pertama Staf Personel di Mabes ABRI.

Di tahun 2000, Kombes Nurul pun ditempatkan sebagai Staf Perencanaan Umum dan Keuangan Mabes Polri. Pada penempatan inilah, Kombes Nurul sering dilibatkan dalam banyak kasus dan pengembangan internal Polri.

Performanya sebagai anggota Polri pun terus meningkat hingga di tahun 2005, pangkatnya naik menjadi Ajun Komisaris Polisi (AKP).

Empat tahun setelahnya, tepatnya pada tahun 2014, Kombes Nurul kembali naik pangkat menjadi Komisaris Polisi (Kompol). Ia pun ditugaskan di Polda Metro Jaya. Ia pun kembali naik pangkat menjadi Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP). 3 tahun setelahnya, ia diangkat menjad Kasubbag Monevtala Rolemtala Srena Polri.  Tahun 2019, Kombes Nurul resmi diangkat menjadi Kabagpenum Ropenmas Divhumas Polri.

Jabatan terakhir yang pegang oleh Kombes Nurul adalah Ketua Program Studi S3 Pascasarjana Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian (STIK).

Riwayat pendidikan Kombes Nurul juga menjadi salah satu faktor pendukung dalam karirnya. Kombes Nurul diketahui menyelesaikan pendidikan S2 nya di Universitas Indonesia pada tahun 2012. Ia pun melanjutkan pendidikan S3 nya di Universitas Negeri Jakarta dan mendapatkan gelar doktornya pada tahun 2017.

Sementara itu dialihtugaskan oleh Kapolri lewa surat ST/1214/VI/KEP/2022 tanggal 21 April 2022 tentang pemberitahuan dari dan pengangkatan dalam jabatan di lingkungan Polri.

Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Dedi Prasetyo mengungkapkan, sebelumnya menjabat sebagai Kaporodi S3 Ditprog Pascasarjana Lemdiklat Polri.

“Untuk jabatan Kabagpenum, Pak Kapolri mempercayakan seorang Polwan. Jadi Polwan berpromosi menjadi Kabagpenum, jabatan 21 atau Kombes mantap,” kata Dedi .

Sementara Kombes Gatot, kata Dedi, akan mengisi jabatan baru sebagai Karo Multi Media Divisi Humas Polri.

Dedi menjelaskan rotasi dan mutasi ini dilakukan Kapolri sebagai bentuk penyegaran. Selain itu juga diklaim sebagai upaya regenerasi.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here