Friday, 29 March 2024
HomeKulinerResep Bikin Nasi Goreng Nanas Khas Thailand yang rasanya Mirip Tom Yum

Resep Bikin Nasi Goreng Nanas Khas Thailand yang rasanya Mirip Tom Yum

Bogordaily.net – Nasi Goreng tapi rasanya mirip Tom Yum itulah khas Thailand. Penasaran ingin bikin?

Di negaranya sendiri, nasi goreng Thailand disebut dengan khao pad sapparot. Rasa nanas yang segar di dalam olahan nasi goreng rupanya menjadi satu hal menarik.

Nasi goreng satu ini juga sangat cocok untuk vegetarian karena dalam pembuatannya tidak digunakan daging, telur pun bisa kamu jadikan opsi.

Daripada penasaran, yuk simak khas Thailand dari kanal YouTube Najwa Channel.

Khas Thailand

Bahan:
1/2 buah nanas
1 mangkuk nasi
2 butir telur
Wortel
Daun bawang

Bumbu:
2 siung bawang putih
1 siung bawang merah
1 sdm minyak wijen
2 sdm kecap manis
1/2 sdt garam
1/2 sdt kaldu bubuk secukupnya
Kecap manis secukupnya

Cara membuat khas Thailand

Pertama, ambil daging nanas, pisahkan dari kulitnya yang akan dijadikan mangkok. Selanjutnya, iris dadu daging nanas dan juga wortel.

Setelah itu, potong-potong daun bawang dan seledri untuk dijadikan topping sayuran. Berikutnya, iris tipis bawang merah dan bawang putih, sisihkan lalu tumis bersamaan dengan sedikit minyak goreng.

Jika sudah tercium bau harum, masukkan wortel yang sudah dipotong. Tumis sampai semua bahan layu. Setelah itu, masukkan telur alu masak dengan mengorak-ariknya dengan bahan yang ada.

Berikutnya, tambahkan nasi yang sudah disiapkan ke dalam penggorengan. Aduk supaya merata dengan bahan lainnya.
Selanjutnya, tambahkan minyak wijen, kecap asin, garam, kecap manis, sayuran, dan nanas menjadi satu dengan nasi dan wortel yang sudah dimasak terlebih dahulu.

Masak supaya semua bumbu tercampur, jangan lupa lakukan uji rasa.
ala Thailand siap disajikan. Meski pada dasarnya dikenal sebagai nasi goreng vegetarian, kamu juga bisa menambahkan sumber protein lain di dalamnya sesuai selera. Selain itu, bumbu pelengkap seperti irisan cabai atau sayuran lain pun dapat disesuaikan.

Perlu diketahui, cita rasa segar yang diberikan pada nasi goreng ini terinspirasi sajian tom yum, salah satu makanan khas Thailand terpopuler.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here