Saturday, 27 April 2024
HomeKabupaten BogorRibut-Ribut Soal Sampah di Cibinong Situ Plaza yang Bikin Rusak Pemandangan, Apa...

Ribut-Ribut Soal Sampah di Cibinong Situ Plaza yang Bikin Rusak Pemandangan, Apa Kata DLH?  

Bogordaily.net–  Situ Plaza yang berada di Jalan Tegar Beriman, Kecamatan , , Jawa Barat tengah menjadi sorotan. Bukan keindahan pesona wisatanya melainkan terkait pencemaran lingkungan yang disinyalir berpotensi dari tumbuhan alga hijau dan sampah yang mengenang di atas permukaan air Situ Plaza.

Kepala Bidang Pengelolaan Sampah Dinas Lingkungan Hidup (DLH) , Ismambar Fadli angkat bicara terkait persoalan tersebut. Menurut dia, sebenarnya fungsi dari pihaknya adalah soal sampah di darat.

“Jadi kewenangan kita yaitu sampah-sampah di darat. Untuk sampah yang di air akan dikomunikasikan terkait pengelolaannya seperti apa,” ujar Fadli kepada Bogordaily.net.

Kemudian kata dia, terkait Peraturan Gubernur (Pergub) Jawa Barat soal retribusi sampah, Senin, 22 Agustus 2022 lalu pihaknya sudah membahas dengan tim dan masuk ke perundang-undangan serta akan dilanjutkan lagi minggu depan atau September mendatang.

“Revisi Pergub sedang dijalankan. Ada beberapa masukan dan ada beberapa pertimbangan di internal yang harus kita perbaiki lagi pasal-pasal agar lebih kena,” tambahnya.

Meski demikian, di sisi lain pemerintah juga sudah menyediakan fasilitas tempat sampah di sekitar area Situ Plaza. Masyarakat pun diimbau dapat menggunakan dan membuang sampah pada tempatnya.

Sementara itu keberadaan sampah di Situ Plaza kawasan Jalan Tegar Beriman, Kecamatan , menuai sorotan.

Keberadaan sampah seperti kemasan botol mineral hingga makanan ringan tampak merusak pemandangan. Padahal tempat ini biasa dijadikan tempat bersantai dan berswafoto oleh masyarakat yang mengunjunginya.(Mutia Dheza Cantika)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here