Thursday, 25 April 2024
HomeKulinerSebelum Memesan, Pahami Jenis dan Bagian Pada Steak Daging

Sebelum Memesan, Pahami Jenis dan Bagian Pada Steak Daging

Bogordaily.net – Tidak ada yang bisa menolak kelezatan dari steak. Hal yang juga penting untuk diketahui saat ingin memesan steak adalah jenis dan bagian yang dipilih.

Berikut ini adalah beberapa jenis atau bagian yang paling populer di Indonesia. Jenis-jenis ini menentukan kualitas dan rasa dari steak.

Makanan yang terbuat dari sapi pilihan ini memang sengaja diolah dengan cara dipanggang untuk mendapatkan tekstur juicy dari dagingnya

Berikut ini adalah beberapa jenis atau bagian steak yang paling populer di Indonesia.

1. Sirloin ( has luar)

Merupakan sapi bagian punggung luar, dekat paha belakang sapi. Karena terletak di bagian yang aktif, maka sirloin memiliki tekstur yang lebih keras dan sedikit alot saat dimakan.

Namun, sirloin memiliki ukuran yang besar dan memiliki lapisan lemak yang membuatnya terasa gurih dan juicy.

2. Tenderloin ( has dalam)

Tenderloin merupakan bagian pinggang sapi yang paling lembut. Yang membuatnya mudah dikenali adalah karena ini tidak memiliki serat.

Tenderloin memiliki tekstur lembut namun tidak terlalu kaya akan rasa, karena kandungan lemaknya yang rendah. Karena itu pula, bagian ini cocok untuk pecinta steak yang sedang menjalani diet.

3. T-bone

T-bone merupakan yang diambil dari punggung bagian dalam sapi, sampai bawah hingga memotong tulang punggung.

Bagian ini disebut t-bone karena terdapat tulang dengan bentuk huruf T yang dikelilingi pada kedua sisi. Bagian ini memiliki tekstur yang tidak selembut tenderloin, namun tetap memiliki rasa gurih.

4. Rib-eye

Rib-eye, atau yang biasa disebut dengan fillet scotch, merupakan bagian daging di sekitar tulang iga atau tulang rusuk sapi.

Dalam potongan daging ini, terdapat banyak lemak sehingga daging lebih gurih, lembut, dan juicy. Karena kandungan lemak yang besar, maka tekstur daging ini lebih juicy jika dibandingkan dengan bagian lain.

5. Flank

Flank merupakan bagian otot perut sapi. Daging bagian ini berbentuk panjang dan datar. Namun, bagian ini kurang lembut, sehingga jika Anda ingin memesan daging bagian ini, lebih baik dengan tingkat kematangan yang rendah seperti medium rare.

6. Tomahawk

Sama seperti rib-eye, tomahawk diambil dari rusuk sapi. Perbedaannya terletak di penyajiannya, dimana tomahawk disajikan dengan potongan tulang rusuk yang besar yang masih menyatu dengan dagingnya.

Dari segi rasa, tomahawk memiliki cita rasa dan kelembutan yang setara dengan rib-eye.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here