Wednesday, 24 April 2024
HomeBeritaUpdate! Sudah 78.369 Jamaah Haji Tiba di Indonesia

Update! Sudah 78.369 Jamaah Haji Tiba di Indonesia

Bogordaily.net–  Hampir sebagian besar Indonesia telah kembali ke Indonesia. Kementerian Agama menyampaikan perkembangan terkini jumlah yang telah tiba di Tanah Air.

Kepala Biro Humas, Data dan Informasi, Akhmad Fauzin mengatakan per Senin, 8 Agustus 2022 sebanyak 78.369 yang telah tiba di Indonesia.

“Jumlah yang telah tiba di tanah air sebanyak 78.369 orang,” ujar Akhmad Fauzin saat Konferensi Pers di Asrama Pondok Gede, Jakarta, dilansir Suara.com.

Akhmad Fauzin menuturkan, pada Senin, 8 Agustus 2022 terdapat delapan kloter Indonesia yang kembali ke tanah air.

Mereka tergabung dalam delapan kelompok terbang (Kloter) dan menuju enam debarkasi. Masing-masing satu kloter menuju Debarkasi BTH/Batam (450 orang), BPN/Balikpapan (360 orang), PLM/Palembang (450 orang), SOC/Solo (360 orang), UPG/Ujungpandang (389 orang) dan Debarkasi JKS/Jakarta Saudia Bekasi sebanyak 3 kloter (1.230 orang).

“Total sebanyak 3.243 orang,” kata Akhmad Fauzin.

Terkait sakit, menurut Akhmad Fauzin bahwa data ada 34 orang yang dirawat. Rinciannya, sebanyak 16 orang dirawat di Rumah Sakit Arab Saudi (RSAS), dan 18 lainnya dirawat di Klinik Kesehatan Indonesia (KKHI).

“Sementara, data jemaah wafat sampai hari ini sebanyak 85 orang,” imbuh Akhmad Fauzin.

Ia juga menyampaikan bahwa seluruh unsur PPIH Arab Saudi yang bertugas di wilayah Daerah Kerja Makkah telah dipulangkan ke tanah air

Pemerintah kata Akhmad Fauzin, mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh petugas Daerah Kerja Makkah atas kerja keras dan kerja samanya.

“Dedikasi mereka sangat luar biasa dalam melayani jamaah, siang dan malam tidak mengenal waktu. Semoga Allah Swt membalas segala kerja kerasnya dengan kebaikan yang berlipat-lipat, dan dimasukkan dalam golongan yang mabrur. Amin ya Rabbal Alamin,” katanya.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here