Friday, 26 April 2024
HomeBeritaWakili Raja Salman, Putra Mahkota Arab Saudi Cuci Ka’bah

Wakili Raja Salman, Putra Mahkota Arab Saudi Cuci Ka’bah

Bogordaily.net–  Mewakili sang ayah Raja Salman, Putra Mahkota , Pangeran Mohammed bin Salman (MbS) mencuci Ka'bah di Masjidil Haram, Mekah, secara langsung mewakili, Selasa, 16 Agustus 2022 subuh waktu setempat.

Pangeran MBS mencuci Ka'bah atas nama Raja Salman yang sudah tidak memungkinkan untuk mencuci situs suci umat Islam seluruh dunia itu karena kondisi kesehatannya.

Dilansir CNN Indonesia, kegiatan pencucian Ka'bah sudah menjadi tradisi wajib bagi raja-raja Saudi sebagai orang yang diserahkan untuk menjaga dua masjid Suci, Masjidil Haram dan Masjid Nabawi di Madinah.

Sebagaimana dikutip dari Arab News, Putra Mahkota Pangeran MbS melaksanakan Tawaf terlebih dahulu sebelum memulai mencuci Ka'bah. Ia ditemani oleh Menteri Olahraga, Pangeran Abdulaziz bin Turki Al-Faisal. Keduanya disambut hangat oleh Ketua Presidensi Umum Pelayanan Dua Masjid Suci, Syekh Abdulrahman Al-Sudais yang juga merupakan imam besar Masjidil Haram. Pangeran MbS juga ditemani para pejabat Saudi lainnya melakukan pencucian Ka'bah.

Sementara itu sebelumnya, Kerajaan mengubah tradisi pergantian kiswah atau penutup Ka'bah pada tahun baru Islam 1 Muharram.

Kiswah diganti sekali dalam setahun. Proses penggantiannya biasanya dilakukan tiap tanggal 9 Zulhijah atau bertepatan saat jemaah haji menjalani prosesi Wukuf di Arafah.

Asisten Wakil Sekretaris Majma' Malik Abdul Aziz li Kiswatil Ka'bah Al-Musyarrafah Kerajaan , Faris Al Mathrafi menjelaskan penggantian kiswah pada 1 Muharram atas perintah langsung dari Raja Salman bin Abdulaziz al-Saud. Sementara untuk pencucian Ka'bah dilakukan pada 15 Muharam seperti biasanya.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here