Friday, 29 March 2024
HomePolitikZulkifli Hasan Umumkan 9 Nama Kandidat Capres dari PAN, Siapa Saja?

Zulkifli Hasan Umumkan 9 Nama Kandidat Capres dari PAN, Siapa Saja?

Bogordaily.net–  Partai Amanat Nasional () menetapkan nama calon presiden yang bakal diusung pada Pemilihan Presiden atau Pilpres 2024 mendatang. Ada sembilan nama yang diumumkan Ketua Umum alias Zulhas sebagai capres.

Nama-nama itu diungkap Zulhas saat berpidato pada acara puncak Rakernas di Istora Senayan, Jakarta, Sabtu, 27 Agustus 2022.

Tiga nama teratas yakni Ketua Umum , Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, dan Ketua Umum PPP Suharso Monoarfa. Mereka tergabung dalam Koalisi Indonesia Bersatu atau KIB.

“Pertama Ketum , kedua Ketum Golkar pak Airlangga diusulkan beberapa DPW, ketiga Ketum PPP Suharso Monoarfa. Itu ketiganya dari KIB,” kata Zulhas.

Setelah itu, Zulhas menyebut ada DPW yang mendukung untuk mengusung capres Ketua DPP PDIP Puan Maharani. Seluruh kader yang berada di dalam ruangan langsung meneriakinya.

“Huuuuu,” teriak kader.

“Ini kan dari (kategori) partai,” ucap Zulhas menenangkan.

Setelah itu, ada Menteri BUMN Erick Thohir yang diusulkan DPW.

Lebih lanjut, untuk kategori kepala daerah, DPW mengusulkan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Ada Gubernur DKI Anies Baswedan, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indarparawansa.

“Demikianlah usulan PAN, ada sembilan nama yang kami usulkan,” sambungnya.

Sebelumnya Wakil Ketua Umum DPP PAN Yandri Susanto menyebutkan ada beberapa yang nama yang disebut akan menjadi bakal calon presiden dalam Rakernas PAN.

Nama-nama yang paling banyak disebut, kata Yandri adalah ketum .

“Yang kedua ada Pak Erick Thohir, ada Ganjar, ada Anies, ada Ridwan Kamil, ada Khofifah, itu yang favorit itu. Nanti akan kami bahas siapa yang akan disebutkan Ketum di Istora Senayan pada pukul 20.00 hari ini akan kami putuskan,” jelas Yandri.

Menurut dia, dari nama-nama tersebut, belum ada yang terkuat karena masih dalam masa rekomendasi.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here