Monday, 6 May 2024
HomeNasionalAwas Dehidrasi! Ini 3 Cara Mengatasi Kucing yang Tidak Mau Minum

Awas Dehidrasi! Ini 3 Cara Mengatasi Kucing yang Tidak Mau Minum

Bogordaily.net – Berbahaya bila kucing tidak mau sampai kekurangan cairan yang masuk dalam tubuh. Hal itu bisa menyebabkan hewan kesayanganmu terkena dehidrasi.

Asupan minuman atau air bersih juga tidak kalah penting menjadi perhatian supaya kucing terhindar dari dehidrasi. Bila kamu sedang bingung mencari cara untuk mengatasi kucing yang tidak mau , coba terapkan 3 cara berikut:

1. Rutin Membersihkan Wadah

Cara pertama, bersihkan wadah secara rutin setiap harinya. Jangan lupa untuk memisahkan antara wadah untuk tempat makan dengan tempat . Supaya kucing lebih sering mengonsumsi air, gantilah air dalam wadah dengan yang bersih setiap hari.

Bila minuman dalam wadah sudah tercampur benda-benda seperti kotoran, sisa makanan, bulu dan lainnya, akan menyebabkan kucing malas untuk meminumnya.

Bukan hanya wadah dan harus dipastikan bersih, tapi lokasi penempatan juga harus bersih.

2. Meletakkan Beberapa Wadah di Titik Tertentu

Cara berikutnya, letakkan beberapa wadah di titik tertentu. Artinya, jangan hanya meletakkan wadah di satu titik saja, tapi beberapa sudut rumah. Hal ini karena kucing sebenarnya gemar di beberapa lokasi berbeda.

Jangan lupa untuk memperhatikan wadah yang dipakai sebagai tempat menampung minuman, sebaiknya mempunyai permukaan lebar serta tidak terlalu dalam. Bentuk wadah seperti ini akan memudahkan kucing saat air.

3. Memberikan Makanan Berjenis Basah

Cara terakhir, berikan kucing makanan berjenis basah. Metode ini bisa menjadi alternatif solusi bagi kamu yang terbiasa memberikan kucing makanan kering, tapi mereka tidak mau minum air.

Melalui makanan basah, kebutuhan cairan dalam tubuh kucing akan terpenuhi. Hal ini karena makanan basah biasanya mengandung sekitar 70 hingga 80 persen air.

Supaya tidak mengganggu sistem pencernaan, penggantian makanan perlu dilakukan secara perlahan.

Jadi, memenuhi cairan dalam tubuh kucing tidak harus dalam bentuk air atau minuman. Kamu bisa menggantinya melalui makanan dengan kandungan air lebih banyak.

Bila kucing yang tidak mau minum sulit diatasi dengan berbagai cara, kamu bisa memeriksakannya lebih lanjut ke dokter hewan.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here