5 Kebiasaan Ini Dapat Membuat Umur Lebih Panjang?

Menu

Mode Gelap
Piala Dunia 2022: Link Live Streaming Polandia vs Argentina Piala Dunia 2022: Ghana Sikut Korea Selatan 3-2 Merosot, Ini Harga Emas per Gram Hari Ini Lagi, Gempa Susulan Guncang Cianjur 21 Kali dalam Semalam Lokasi, Harga dan Syarat Perpanjang SIM di Kabupaten Bogor

Kesehatan · 14 Sep 2022 10:37 WIB

5 Kebiasaan Ini Dapat Membuat Umur Lebih Panjang?


 Ilustrasi. (pexels.com/Daniel Xavier) Perbesar

Ilustrasi. (pexels.com/Daniel Xavier)

Bogordaily.net – Sebuah studi terbaru dari Studi Centenarian New England menunjukkan gen merupakan pelindung yang dapat memberikan kontribusi besar terhadap umur lebih panjang.

Dikutip dari laman Harvard Health Publishing, Rabu 14 September 2022 peneliti ini menganalisa dan menguraikan seluruh kode genetik seorang pria dan seorang wanita yang hidup melewati usia 114 tahun.

Para peneliti menyimpulkan bahwa gen yang terkait dengan umur panjang dapat mengimbangi gen yang terkait dengan penyakit. Hal ini kemudian memungkinkan mereka dapat hidup dengan umur panjang.

Namun tak hanya gen, ada beberapa kebiasaan yang juga dapat membantu seseorang hidup lebih lama. Sebagaimana dirangkum dari laman Healthline, kebiasaan tersebut di antaranya:

1. Hindari Makan Berlebihan

Asupan kalori rendah memungkinkan seseorang mendapatkan penyakit yang lebih rendah. Pembatasan kalori dapat membantu mengurangi kelebihan berat badan dan lemak perut yang keduanya dapat menyebabkan rentang hidup yang lebih pendek.

2. Makan Lebih Banyak Kacang

Kacang-kacangan adalah sumber yang bagus dari beberapa vitamin dan mineral seperti tembaga, magnesium, kalium, folat, niasin, dan vitamin B6 dan E. Mengonsumsi makanan ini dapat memberikan kesehatan yang baik untuk tubuh.

3. Makanan Nabati

Mengkonsumsi berbagai macam makanan nabati, seperti buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, biji-bijian, dan kacang- kacangan dapat mengurangi risiko penyakit dan meningkatkan umur panjang.

4. Rutin Olahraga

Sedikitnya 15 menit olahraga per hari dapat menambah hidup 3 tahun lebih lama. Selain itu, olahraga juga menurunkan risiko kematian dini sebesar 4 persen.

5. Berhenti Merokok

Orang yang merokok kehilangan 10 tahun kehidupannya dan 3 kali lebih mungkin meninggal sebelum waktunya dibandingkan yang tidak pernah merokok. Satu studi melaporkan, individu yang berhenti merokok pada usia 35 dapat memperpanjang hidup 8,5 tahun.***

 

(Riyaldi)

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi Youtube BogordailyTV

 
Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Redaktur

Baca Lainnya

Pakai Ramuan Alami, Ini Cara Menghilangkan Kutu Rambut  

2 Desember 2022 - 10:59 WIB

Peduli Kesehatan Kulit, Emak-emak Gang Kepatihan Ngariung Bareng Aa’ Reandi

1 Desember 2022 - 18:54 WIB

Ngariung sehat

Hari AIDS Sedunia 1 Desember, Download Link Twibbon di Sini

1 Desember 2022 - 08:38 WIB

Momen HKN, Dinkes Kabupaten Bogor Fokus Pada Penanganan Stunting

30 November 2022 - 22:13 WIB

penanganan stunting

Selain Umur, Ini 5 Faktor Pemicu Munculnya Uban 

30 November 2022 - 16:21 WIB

munculnya uban

Pertanda Kolesterol Tinggi, Sering Nyeri Pinggul

30 November 2022 - 15:48 WIB

Nyeri Pinggul
Trending di Kesehatan