5 Penyakit yang Wajib Diwaspadai Saat Musim Hujan

Menu

Mode Gelap
Harga Emas Antam Naik Hari Ini, Kamis 8 Desember 2022 Info Gempa Terkini di Indonesia, Rabu 7 Desember 2022 Lokasi SIM Keliling Kota Bogor, Rabu 7 Desember 2022 Perpanjang SIM Kabupaten Bogor, Berikut Harga dan Lokasinya Usai Depak Korsel, Vinicius Berharap Bisa Menari sampai Final Piala Dunia

Kesehatan · 26 Sep 2022 05:53 WIB

5 Penyakit yang Wajib Diwaspadai Saat Musim Hujan


 Ilustrasi.(Istimewa/Bogordaily.net) Perbesar

Ilustrasi.(Istimewa/Bogordaily.net)

Bogordaily.net – Memasuki musim hujan, salah satu yang perlu diperhatikan adalah menjaga kondisi kesehatan. Bahkan dianjurkan pula untuk memperkuat imunitas, jangan sampai penyakit ini menyerangmu.

Seperti dilansir dari laman Times of India, ada lima penyakit yang perlu Anda waspadai ketika musim hujan:

1. Demam Berdarah

Tak jarang saat musim hujan tiba beberapa orang terkena demam berdarah, diakibatkan gigitan nyamuk aedes aegypti. Gejalanya antara lain demam tinggi, jumlah trombosit rendah, ruam, hingga hipersensitivitas.

Oleh karenanya menyediakan obat anti nyamuk, pakaian hangat yang tebal, khususnya kebersihan lingkungan di sekitar rumah Anda.

2. Chikungunya

Chikungunya sebagian besar disebabkan oleh nyamuk yang berasal dari genangan air yang ditemukan di AC, pendingin, tanaman, peralatan, hingga pipa air.

Nyamuk ini bisa menggigit Anda tidak hanya di malam hari tapi juga di siang hari. Nyeri sendi dan demam adalah dua gejala chikungunya yang paling umum.

3. Diare

Penyakit ini menyerang usus, disebabkan karena konsumsi makanan dan air yang tidak higienis. Diare adalah penyakit yang sangat dapat dicegah serta diobati jika seseorang berhati-hati.

Ada dua macam diare, akut dan kronis yang keduanya bisa diatasi. Minum air matang dan makan makanan rumahan adalah cara terbaik untuk mencegah penyakit ini.

4. Malaria

Malaria disebabkan nyamuk anopheles betina yang berkembang biak di daerah yang tergenang air. Oleh karena itu, malaria adalah penyakit yang paling umum terjadi selama musim hujan.

Demam, menggigil, nyeri otot, dan lemahnya tubuh merupakan gejala malaria yang paling sering terjadi. Cara terbaik untuk mencegah malaria adalah dengan sering membersihkan tangki air di rumah Anda dan menjaga kebersihan lingkungan.

5. Influenza

Ketika udara tak menentu, maka perubahan pada tubuh juga akan ikut terpengaruh. Khususnya saat musim hujan, tak jarang seseorang mudah terkena flu bahkan disertai demam.***

(Riyaldi)

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi Youtube BogordailyTV

 
Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Redaktur

Baca Lainnya

Dihantui Rasa Penyesalan, Berikut Cara Mengatasinya

8 Desember 2022 - 23:59 WIB

Aa Dokter Raendi Edukasi Kesehatan Kulit di Bantarjati

8 Desember 2022 - 17:49 WIB

Bukan Sekedar Lalapan, Ini 5 Manfaat Terong untuk Kesehatan Tubuh

8 Desember 2022 - 13:13 WIB

manfaat terong

Banyak Manfaat, Lakukan Gerakan Yoga Ini Sebelum Tidur

8 Desember 2022 - 09:44 WIB

Gerakan Yoga

Waspada! Kesemutan Saat Olahraga, Ini Penyebabnya   

7 Desember 2022 - 22:51 WIB

Bulan Peduli Kanker Payudara Kota Bogor

7 Desember 2022 - 15:15 WIB

Trending di Kesehatan